Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asian Games 2018, Atlet Muslimah Boleh Tutupi Aurat

Kompas.com - 20/09/2015, 20:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjamin, atlet renang dan sepakbola muslimah di ajang Asian Games 2018 mendatang, boleh mengenakan kostum yang menutup aurat. 

"Kami sudah berbicara dengan Olympic Council of Asia (Dewan Olimpiade Asia) agar atlet renang muslimah bisa menggunakan kostum yang menutup aurat," kata Nahrawi dalam diskusi di forum Kongres Fatayat Nahdatul Ulama (NU) di Surabaya, Minggu (20/9/2015).

Nahwari lalu meminta, ormas perempuan di bawah naungan NU itu menyiapkan atlet untuk cabang olahraga renang. "Saya minta fatayat menyiapkan stok olahragawati. Kami punya beban berat untuk menyediakan atlet wanita karena Indonesia akan jadi tuan rumah Asian Games tahun 2018," ujar dia.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu menjelaskan, ada beberapa cabang olahraga yang bisa diikuti wanita. Termasuk olahraga yang kemungkinan akan diselingi kontroversi berkaitan dengan aurat dan jender, seperti olahraga renang dan sepak bola.

Indonesia termasuk negara negara yang minim atlet wanita. Sepak bola, misalnya, negara lain, termasuk beberapa negara berpenduduk muslim, sudah memiliki pesepakbola wanita. Sementara di Indonesia belum ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com