Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koo Kien Keat/Tan Boon Heong Kembali Mengancam

Kompas.com - 22/07/2015, 16:17 WIB
KOMPAS.com - Pasangan ganda putra senior Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, mulai memasuki jalur persaingan papan atas dunia. Kembali turun sebagai pasangan pada Mei lalu, kini mereka sudah berada di peringkat ke-73 dunia dan nomor dua di Malaysia, di bawah Tan Wee Kiong/Goh V Shem.

Koo/Tan saat ini berstatus pemain profesional setelah sama-sama meninggalkan tim nasional. Koo lebih dulu pergi pada Maret 2014. Tan menyusul keluar pada Maret tahun ini.

Mereka tengah berburu poin demi lolos ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Jika benar lolos, ini akan jadi Olimpiade ketiga pasangan yang pernah ditukangi mantan pemain ganda nasional Indonesia, Rexy Mainaky, tersebut.

Setelah kembali bersama, Koo/Tan menjalani debut di Asutralia Terbuka, Mei lalu. Hasilnya, mereka berhasil menembus babak perempat final.

Setelah itu, mereka meraih dua gelar beruntun di Sri Lanka International Challenge (Juni) dan Russia International Challenge (Juli). Sayangnya, mereka terhenti di babak pertama Taiwan Terbuka setelah dikalahkan pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Dua kemenangan tersebut otomatis mendongkrak posisi Koo/Tan di klasemen. Pekan ini, mereka masuk 100 besar setelah berada di posisi 212 pada awal Juni.

Koo/Tan saat ini dilatih sesama mantan pemain ganda nasional Malaysia, Lee Wan Wah. Mantan pasangan Choong Tan Fook tersebut yakin Koo/Tan masih akan bisa berkembang.

"Mereka bermain baik, tetapi masih ada ruang untuk berkembang," kata Lee. "Banyak yang meragukan mereka akan bisa kembali ke papan atas. Namun, mereka mencatat start fantastis dan itu tidak mengejutkan saya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com