Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tanyakan Usia Pada Serena

Kompas.com - 07/06/2015, 08:08 WIB
PARIS, Kompas.com - Serena Williams menjuarai turnamen grand slam Perancis Terbuka untuk ketigakalinya dan sekarang bersiap untuk merebut gelar keenam di Wimbledon.

Kemenangan di lapangan Roland Garros dengan menundukkan Lucie Safarova 6-3, 6-7(2), 6-2 menegaskan kenyataan Serena merupakan petenis paling dominan saat ini. Ia melakukannya di saat setelah mencapai usia 33, 17 tahun setelah ia mengawali karirnya di turnamen grand slam.

Dalam kurun tersebut, Serena telah merebut 20 gelar juara turnamen grand slam dan tinggal terpaut dua gelar dari rekor era terbuka yang kini dipegang petenis Jerman, Steffi Graf. Dan tampaknya hal ini akan mungkin dilakukan Serena.

Tujuh dari 20 gelar tersebut diraih Serena setelah ia ditangani pelatih yang sekaligus pacarnya, Patrick Mouratoglou pada Juni 2012. Ia berpaling pada pelatih asal Perancis tersebut setelah dikalahkan Virginie Razzano di babak pertama Perancis Terbuka.

Saat itu, Serena didera sejumlah cedera dan mengalami penurunan motivasi. Mouratoglou mengubah semua itu. "Sebelumnya, karir Serena ditandai naik dan turun," kata Mouratoglou setelah kemenangan Serena di lapangan Roland Garros.  "Saat itu saya menangkap dia kehilangan motivasi dan kerap bermasalah dengan cedera."

Sekarang, menurut Mouratoglou, Serena berpeluang besar menyabet lima gelar juara turnamen grand slam berturut-turut apabila ia mampu menjuarai Wimbledon dan AS Terbuka.

Dominasi Serena dalam sepuluh tahun terakhir "terbantu" dengan banyaknya petenis berbakat yang mundur karena cedera. Dua petenis Belgia, Justine Henin dan Kim Clijsters adalah dua petenis pada masa aktifnya  kerap menjadi batu sandungan buat Serena.

Sementara pesaing-pesaing sekarang seperti Maria Sharapova, Ana Ivanovic mau pun Caroline Wozniacki selalu mengahadapi kesulitan mengalahkan Serena.  Sementara para petenis yang lebih muda seperti Petra Kvitova dan Victoria Azarenka semua memiliki masalah dengan cedera maupun ancaman para pemain muda seperti Eugenie Bouchard dan Sloane Stephens.

Kenyataannya dari empat semifinalis Perancis Terbuka tahun ini, tidak ada pemain berusia di bawah 25 tahun.

Legenda tenis Martina Navratilova yang menyerahkan piala Perancis Terbuka kepada Serena menyebut petenis AS ini sudah selayaknya masuk dalam jajaran petenis terbesar sepanjang masa seperti Maureen Connolly, Margaret Court, dirinya dan Steffi Graf.

"ia telah mendominasi olahraga ini tiga tahun terakhir," kata Navratilova ynag telah meraih 18 gelar juara turnamen grand slam. "Yang bagi saya luar biasa, ia melakukannya pada usianya yang sekarang."

"Bahwa ia mampu mencapai 22 (menyamai Graf) atau pun 24 (menyamai  Margaret Court), semua tergantung  pada kondisi tubuhnya serta motivasinya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com