Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Undian Piala Sudirman Akan Ditinjau Ulang

Kompas.com - 15/05/2015, 17:48 WIB
DONGGUAN, Kompas.com - Federasi bulu tangkis dunia (BWF) akan mengkaji ulang sistem undian yang berkaitan dengan fase gugur dalam turnamen-turnamen besar.

Sistem random yang diterapkan sekarang  melihat juara-jura grup ditentukan oleh peringkat dunia setiap negara.

Namun dalam  undian perempatfinal Piala Sudirman, sistem random ini menghasilkan pertemuan yang mengulang fase penyisihan grup.  Malaysia kembali bertemu dengan Korea Selatan, sementara tuan rumah Tiongkok bertemu lagi dengan pesaing di fase grup, Jerman.

Direktur turnamen BWF, Darren Parks mengatakan sistem yang berlaku sekarang diterapkan untuk mencegah kemungkinan terjadinya pengaturan hasil pertandingan. "Sistem ini sudah berjalan sejak 2007. Sistem ini diterapkan karena pada masa itu diganggu dengan isu pengaturan hasil pertandingan."

"Karena itulah, sistem random dianggap paling cocok," kata Parks lagi.

"Namun kami mengerti adanya sudut pandang yang lain dan  selalu membuka kemungkinan adanya perubahan. Kami akan menerapkan di Olimpiade tahun depan. Mereka yang sudah pernah bertemu di fase penyisihan grup tidak akan bertemu lagi di fase gugur."

"Kami dapat menerapkan hal serupa  di ajang Piala Thomas dan Uber dan Piala Sudirman, jika mayoritas anggota menganggap hal itu akan lebih baik."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com