Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Ini Armstrong "Tertimpa Rumah"

Kompas.com - 17/02/2015, 08:16 WIB

DALLAS, Kompas.com - Mantan juara dunia balap sepeda, Lance Armstrong kembali terkena hukuman berkaitan dengan kasus doping yang bertahun-tahun dijalani dan ditutupinya.

Pebalap sepeda AS ini dijatuhi hukuman denda 10 juta dolar AS oleh oengadilan arbitrase atas tuntutan yang diajukan SCA Promotions. SCA menganggap Armstrong telah melakukan persekongkolan serta pembohongan publik.

SCA menyebut Armstrong telah melakukan pembohongan saat menerima bonus sebesar 4.5 juta dolar AS sebagai bonus menjuarai Tour de France antara 2001-2003. SCA merupakan sponsor tim Armstrong, Postal Service.

Namun SCA menolak memberi bonus sebesar 5 juta dolar AS atas gelar juara Tour de France pada 2004. Armstrong kemudian menuntut SCA sebesar 7.5 juta dolar AS pada 2006 dengan menyebut dirinya menjadi juara tanpa menggunakan obat terlarang.

Borok Armstrong terkuak pada 2013 saat ia mengaku menggunakan doping hampir sepanjang karirnya. SCA kemudian membuka kembali kasus ini dan menuntut Armstrong sebesar 12 juta dolar AS ditambah membayar biaya sidang.

Kuasa hukum SCA, Jeff Tillotson menyambut baik keputusan ini dan menyebut sikap Armstrong yang terus membantah semua tuduhan membuat hukumannya menjadi berat. Ia juga dinyaatkan telah merekayasa saksi-saksi untuk berbohong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com