Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Ada Pembatasan Bonus, Tim Pelajar Indonesia Naikkan Peringkat di ASEAN Schools Games

Kompas.com - 07/12/2014, 00:15 WIB

MARIKINA CITY, Kompas.com - Kontingen atlet pelajar Indonesia memenuhi target Kemenpora untuk menaikkan peringkat di ajang ASEAN Schools Games VI di Marikina City, Filipina.

Indonesia berada di peringkat tiga di bawah Malaysia dan Thailand. Namun peringkat ini merupakan perbaikan dari peringkat 4 di ASG V yang berlangsung di Hanoi, Vietnam pada 2013 lalu.

Tim Indonesia yang berkekuatan 186 atlet membawa pulang 15 medali emas, 31 perak dan 30 perunggu. Di tempat pertama, para atlet pelajar Malaysia berjaya dengan 41 medali emas, 34 perak dan 30 perunggu. Thailand di tempat ketiga dengan 35 emas, sementara tuan rumah Filipina di temapt keempat dengan 11 emas, 14 perak dan 22 perunggu.

Bagi para atlet Indonesia perolehan medali ini merupakan perwujudan dari target pihak Kemenpora yang menginginkan Indoensia memperbaiki peringkat dan masuk ke peringkat tiga besar. Saat melepas kontingen Indonesia di Kemenpora, Rabu (26/11/2014) lalu, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto menyebut para atlet diharap berjuang tanpa pamrih mengingat adanya pelarangan pemberian bonus berupa uang tunai kepada para atlet yang masih berstatus pelajar dan berusia di bawah 18 tahun.

Menurut Djoko Pekik, pihaknya terikat dengan peraturan dari ASEAN School Sport Council (ASSC) yang melarang pemberian bonus dalam bentuk uang. "Bonus tetap ada, tetapi bentuknya akan diberikan dalam bentuk uang pembinaan buat klub atau lainnya," kata Djoko Pekik saat itu.

ASEAN School Games ke-6 tahun 2014 di Marikina, Filipina, ditutup dengan sedarahana pada Jumat (5/12) malam. Upacara penutupan yang berlangsung sederhana dihadiri atlet dari 7 negara peserta di kawasan ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina.

Sementara itu Direktur Utama Kementerian Pendidikan Brunei Darusalam selaku tuan rumah ASG ke-7 2015 Haji Abdul Rahim Bin Derus menyatakan kesiapan negaranya menyelenggarakan ASG tahun depan di Brunei. “Kami berharap anda semua di Filipina merasakan senang seperti saya, saya harap pengalaman even yang baik ini dapat mengajarkan kita semuanya pada even yang lebih besar nantinya. Adalah kehormatan bagi kami di Brunei untuk anda dapat bergabung pada ASG ke-7 di Brunei Darusalam tahun 2015 mendatang. Selamat kepada panitia di Kota Marikina yang telah sukses menyelenggarakan even ini,” katanya seperti dikutip situs Kemenpora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com