Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez: Saya Senang Bisa Menyamai Rekor Doohan

Kompas.com - 26/10/2014, 18:20 WIB
SEPANG, KOMPAS.com - Akhirnya Marc Marquez berhasil menyamai rekor Mick Doohan yang dicatat pada 1997, memenangi 12 balapan dalam satu musim. Pebalap Repsol Honda tersebut mencatat kemenangan ke-12 setelah finis pertama pada GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (26/10/2014).

Kemenangan ini sekaligus mengangkat beban yang selama ini disandangnya. Bahkan, dia bisa saja melewati rekor Doohan jika mampu finis pertama pada seri terakhir di Valencia, dua pekan di depan.

"Di Valencia, saya tidak ingin terbebani. Saya ingin menikmati balapan. Di sini, saya membalap dengan 100% karena saya tahu jika saya jatuh lagi atau mendapat hasil buruk, di Valencia tekanan akan jadi lebih besar, tetapi jika menang di sini, saya akan merasa bebas di Valencia," kata Marquez.

Suhu Sepang yang sangat panas jadi masalah bagi para pebalap. Setelah balapan, beberapa pebalap segera mengguyur kepala dan badan mereka dengan air.

"Tadi adalah balapan yang sangat, sangat sulit, terutama untuk fisik, dan juga pada awal balapan karena saya melakukan kesalahan di tikungan pertama," lanjutnya.

Start dari pole position, Marquez sempat tercecer ke urutan kelima pada lap pertama. dia telat mengerem saat akan memasuki tikungan satu dan melebar, lalu bersenggolan dengan Jorge Lorenzo yang membuatnya kehilangan beberapa posisi.

"Saya mencoba melewati mereka dan membalap dengan 100%, tetapi sangat sulit karena tadi sangat panas saat memakai helm. Namun, saya senang bisa kembali ke dapan dan akhirnya menyamai rekor Doohan," terang pebalap 21 tahun tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com