Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legenda Tenis Bongkar Rahasia Presiden Bush

Kompas.com - 10/10/2014, 17:09 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Legenda tenis Australia, John Newcombe, akhirnya membuka cerita lama tentang kisah mantan Presiden Amerika George W Bush yang pernah membayangi pencalonannya sebagai presiden pada 2000.

Bush muda menjadi Presiden Amerika dalam dua periode (2001 hingga 2009). Saat kampanye pencalonannya, ia membantah berita bahwa ia pernah tertangkap polisi karena mengemudi dalam pengaruh alkohol pada 1976.

Setelah bungkam selama belasan tahun, akhirnya Newcombe menceritakan versinya tentang peristiwa tersebut. Insiden tersebut terjadi di dekat kediaman keluarga Bush di Kennbunkport, Maine, pada 1976.

Kepada stasiun radio SEN, Melbourne, Kamis malam, Newcombe menyebut saat itu ia menjadi tamu keluarga George Bush—ayah Bush muda—yang saat itu menjabat sebagai Direktur CIA.

Saat itu, Newcombe berusia 32 tahun dan Bush muda berusia 30 tahun. Mereka pergi ke sebuah pub lokal bersama istri Newcombe, adik Bush, dan sekretaris pers George Bush, Peter Roussel.

"Pada masa itu, George memang seorang yang suka pesta," kata Newcombe. Ia juga bercerita saat di pub lokal, ia sempat beradu minum bir dengan George Bush. "Saya sempat menggigit segelas penuh bir dan meminum langsung dan menantang Bush melakukan hal serupa," kata Newcombe lagi.

Setelah pulang, istri Newcombe, Angie, menawarkan diri untuk menjadi sopir, tetapi ditolak oleh Bush. "Setelah berjalan sekitar empat mil, mobil kami dihentikan polisi," kata Newcombe lagi.

"Polisi tersebut meminta George (Bush) untuk berjalan lurus dan ia agak goyang saat berjalan," lanjut Newcombe. "Ketika si polisi memberi surat tilang, Peter Roussel langsung keluar dan menjelaskan siapa pelaku pelanggaran tersebut."

"Saat itu, si polisi yang saya kira bernama Calvin hanya mengatakan, 'Oh, saya baru saja menilang putra Direktur CIA, bisa gawat nih'," ungkap Newcombe lagi. "Namun, ia tetap memberi surat tilang tersebut."

Saat kasus ini tercium wartawan dalam kampanye Bush pada 2000, Peter Roussel menghubungi Newcombe dan menceritakan kondisi yang dihadapi. "Newk (Newcombe), George baru menghubungi saya dan berkata mereka (wartawan) mengetahui tentang (kasus) Calvin."

Gara-gara telepon Roussel ini, Newcombe langsung menghindari wartawan yang menyambangi kantornya di Sydney.

Goerge W Bush dijatuhi hukuman denda 150 dollar AS gara-gara kasus tersebut dan berhenti mengonsumsi alkohol pada 1980-an. Ia kemudian menjadi Presiden AS untuk 2001-2009 dan di bawah pemerintahannya, AS terlibat dalam perang di Irak dan Afganistan.

John Newcombe, kelahiran 23 Mei 1944, merupakan petenis Australia yang berkarier antara 1960-1981. Ia pernah menjuarai nomor tunggal Australia Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka, serta keempat turnamen Grand Slam di nomor ganda putra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com