Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Praveen/Debby Lolos ke Kejuaraan Dunia 2014

Kompas.com - 05/08/2014, 13:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto, berhasil lolos ke Kejuaraan Dunia 2014 yang akan berlangsung di Kopenhagen, Denmark, 25-31 Agustus. Sebelumnya, pasangan ranking 30 dunia ini hanya masuk daftar tunggu kesepuluh.

Berdasarkan update terbaru yang dirilis BWF (Badminton World Federation), terdapat beberapa pasangan yang mengundurkan diri termasuk andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir serta beberapa pasangan dari negara lain, hingga tiket kejuaraan dunia pun diraih Praveen/Debby.

Tontowi/Liliyana tak bisa mempertahankan gelar di Kejuaraan Dunia karena cedera pergelangan kaki yang dialami Tontowi belum pulih 100 persen.

"Lolos ke Kejuaraan Dunia tentunya menambah motivasi buat Praveen/Debby. Ini adalah kesempatan buat mereka untuk menunjukkan kemampuan," kata Richard Mainaky, sang pelatih.

"Targetnya bisa masuk babak empat besar dan meraih medali, atau setidaknya masuk dulu babak delapan besar. Lawan-lawann yang akan dihadapi kan sudah tahu siapa-siapa saja, jadi sudah bisa lah mempersiapkan diri," ujar pelatih asal Ternate, Maluku, ini.

Praveen/Debby merupakan pasangan yang baru diduetkan pada awal 2014. Keduanya memulai debut di turnamen Malaysia Terbuka 2014 dan langsung melesat ke babak delapan besar dengan menumbangkan lawan yang lebih diunggulkan.

Pasangan binaan klub Djarum ini terus mengikuti sederet turnamen untuk mengejar poin jelang Kejuaraan Dunia, Namun, hingga penutupan kualifikasi, ranking mereka belum cukup untuk berlaga di babak utama dan harus masuk daftar tunggu.

"Saya senang sekaligus kaget juga ternyata bisa lolos ke Kejuaraan Dunia. Sejak berpasangan awal tahun 2014 dengan Debby, kami berusaha untuk meraih poin ke Kejuaraan Dunia dan hasilnya belum masuk, padahal bedanya sedikit lagi," kata Praveen yang ditemui di pelatnas Cipayung, Selasa (5/8/2014).

"Jelang Kejuaraan Dunia, saya dan Debby mendapat program latihan khusus. Intensitas dan jam latihannya ditambah. Kami berharap bisa tampil bagus di kejuaraan berkelas ini. Saya belum pernah bermain di kejuaraan bergengsi seperti ini, sebuah pengalaman berharga untuk saya," ujar Praveen.

Selain Praveen/Debby, nomor ganda campuran Indonesia akan diwakili oleh Riky Widianto/Richi Puspita Dili, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet, serta Marcus Fernaldi Gideon/Rizki Amelia Pradipta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber PBSI
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com