Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Atlet Nasional Buat Jokowi

Kompas.com - 26/05/2014, 19:06 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis


JAKARTA, Kompas.com - Dukungan buat calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto juga datang dari kalangan atlet dan mantan atlet nasional.

Di Jakarta, Senin (26/05/2014), beberapa atlet dan mantan atlet nasional mendeklarasikan dukungan mereka kepada calon presiden Joko Widodo. Dipelopori mantan atlet nasional Richard Sam Bera, beberapa mantan atlet dan atlet berkumpul untuk menentukan sikap pada Pemilihan Presiden pada 9 Juli nanti.

Atlet yang hadir sebagian besar memang atlet nasional dari cabang renang seperti I Gde Siman Sudartawa, Alexis Wijaya Ohmar, Dennis Joshua Tiwa, Raina Saumi G  beserta mantan atlet nasional seperti Felix dan Albert C. Sutanto serta petinju legendaris Indonesia, Chris John.

Dalam acara tersebut, Richard Sam Bera yang merupakan aktivis Relawan Merah Putih, mendeklarasikan  sikap atlet nasional yang antara lain mendukung Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2019, perbaikan kesejahteraan buat para mantan atlet serta mendukung pemerintah yang memberi perhatian penuh dalam pembangunan sarana olah raga.

Menurut Richard Sam Bera, dukungan para atlet mau pun kalangan olah raga akan terus mengalir buat kubu Jokowi-Kalla. "Kami merencanakan ini akan berlangsung terus menerus dan tidak berhenti sampai di sini. Masalahnya, dukungan para atlet yang tidak bisa hadir di sini saja banyak sekali, sehingga mungkin kami akan buat lagi di tempat lain," kata Richard.

Ia menyebut dukungan untuk perbaikan dalam sektor olah raga juga datang dari cabang lain seperti atlet bulu tangkis. "Beberapa dari mereka tidak dapat datang. Seperti Susy (Susanti) dan Alan (Budikusuma) yang saat ini masih mendampingi Tim Piala Thomas dan Uber di India," kata Richard.

Hal senada diungkap oleh juara SEA Games, I Gde Siman Sudartawa.  Siman menyebut atlet-atlet nasional berharap pada pemerintah yang mau memerhatikan olah raga, terutama dalam pengadaan sarana dan memperhatikan kesejahteraan atlet dan mantan atlet.

Dukungan kalangan atlet atau mantan atlet nasional juga diberikan untuk kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Tercatat antara lain nama-nama mantan atlet nasional seperti legenda tenis Yayuk Basuki dan Irawati Moerid  mau pun mantan atlet balap nasional, Ananda Mikola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com