Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkata Bernada Rasial, Petinju Kena Hukum

Kompas.com - 08/05/2014, 23:05 WIB

LAS VEGAS, KOMPAS.com — Petinju Adrien Broner terkena larangan bertarung oleh Dewan Tinju Dunia (WBC) akibat mengeluarkan ungkapan bernada rasial.

WBC mengeluarkan keputusan tersebut, pada Rabu (7/5/2014) hanya beberapa hari setelah Broner mengeluarkan pernyataan itu seusai mengalahkan petinju Meksiko, Carlos Molina.

Pihak WBC meminta Broner untuk memberi klarifikasi tentang maksud ucapannya. Mereka mengirim surat terbuka yang meminta Broner untuk menjelaskan makna kata-katanya atau kata-kata tersebut diartikan sebagai pelecehan terhadap sekelompok orang tertentu.

Broner (28-1) mengalahkan Molina (17-2-1) dalam partai tambahan megatarung Floy Mayweather Jr-Marcvos Maidana, Sabtu pekan lalu. Seusai pertarungan, Broner mengatakan dalam sebuah wawancara,"I've beaten Africans dan I just beat the f... out of a Mexican."

Pernyataan Broner ini mendapat kecaman dari promotornya, Richard Schaefer, dari Golden Boy Promotions. "Broner ini terkadang bicara tanpa dipikir. Saat saya naik ring, ia biasanya berkata 'maafkan kata-kata saya'. Ia memang masih muda dan saya akan berusaha menjelaskan hal ini kepadanya."

Broner memang senang dianggap sebagai petinju yang urakan dan kontroversial. Mencoba meniru gaya bertarung Floyd Mayweather Jr, Broner dikenal sebagai petinju urakan. Misalnya, ia pernah mengunggah rekaman video dirinya membuang uang 20 dollar ke dalam toilet, atau pada saat lain ia mengunggah aktivitas seksnya juga ke media sosial.

Pemilik Golden Boy Promotions, Oscar De La Hoya, mengaku kaget dengan ungkapan dari Broner. "Saya tidak suka dengan perkataannya. Yang bisa kita lakukan adalah mencari petinju yang mampu mengalahkan dan membungkamnya di atas ring."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com