Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peng Shuai, Petenis China Pertama di Peringkat Satu Dunia

Kompas.com - 14/02/2014, 14:08 WIB
DOHA, KOMPAS.com - Peng Shuai akan berada di posisi teratas pada ranking dunia ganda putri terbaru yang keluar Senin (17/2/2014). Dia adalah petenis China pertama yang bisa menjadi nomor satu dunia, baik tunggal maupun ganda, putra maupun putri.

Peng jadi petenis Asia kedua yang meraih prestasi ini setelah Ai Sugiyama (Jepang) yang menjadi nomor satu ganda putri pada Oktober 2000.

Kepastian ini didapat setelah Peng dan partnernya, Hsieh Su-Wei (Taiwan) memenangi laga babak kedua Qatar Open, melawan Irina Buryachok/Vitalia Diatchenko. Pasangan yang turun sebagai unggulan kedua ini menang 6-2, 6-4.

Sebelum pertandingan tersebut, Peng mengaku tidak tahu mengenai hal ini. "Setelah pertandingan, pelatih datang dan berkata 'Selamat! Kamu nomor 1!', Lalu saya berkata 'Sungguh, kamu yakin?' Dan dia berkata, 'Ya, saya yakin.'," papar Peng.

"Ini adalah target saya tahun ini. Pada akhir tahun lalu kami sangat dekat dengan (Sara) Errani dan (Roberta) Vinci (nomor satu dunia). Di Australia (Australian Open) kami punya peluang besar tapi gagal. Saya senang bisa melakukannya di Doha."

Peng/Hsieh kalah di babak kedua Australian Open dari Shahar Peer/Silvia Soler-Espinosa.

Dalam 12 bulan terakhir, Peng memang meraih hasil gemilang. Bersama Hsieh, dia juara di lima turnamen yakni Roma, Wimbledon, Cincinnati, Guangzhou, dan WTA Championship. Dia juga juara di Pattaya City saat berpasangan dengan Zhang Shuai.

Errani/Vinci yang akan tergeser ke peringkat dua dunia, juga lolos ke perempat final Qatar Open setelah mengalahkan Lisa Raymond/Zhang Shuai, 6-2, 6-3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com