Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jwala Gutta Bebas dari Ancaman Larangan Bermain Seumur Hidup

Kompas.com - 06/01/2014, 13:18 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com - Jwala Gutta akhirnya bisa bernapas lega. Pemain ganda putri India ini dinyatakan bebas dari ancaman larangan bermain seumur hidup yang dikeluarkan Badminton Association of India (BAI).

"Saya sangat senang dengan keputusan BAI. Saya akan bermaim sebagai bagian dari tim nasional India pada turnamen-turnamen berikutnya. Seperti biasanya, merupakan kehormatan bisa mewakali negara," kata Gutta kepada Times of India, Jumat (03/01/2014).

BAI sempat mengancam Gutta dengan hukuman larangan bermain seumur hidup karena dianggap telah memprovokasi anggota tim yang ia perkuat, Krissh Delhi Smashers, untuk tidak bertanding melawan tim Banga Beats yang mengganti susunan pemain pada menit-menit terakhir jelang pertandingan, di Indian Badminton League.

Saat itu, Beats berniat mengganti pemain tunggal putra mereka, Hu Yun (Hongkong) yang cedera, dengan Jan O Jorgensen (Denmark), yang baru saja datang ke India.

BAI membentuk komite dengan tiga anggota independen yang ditugaskan utnuk menyelidiki kasus Gutta. Mereka terdiri dari sekretaris Indian Olympic Association (IOA) Anandeshwar Pandey, presiden Luge Federation of India Deepa Mehta, dan mantan anggota Commonwealth Games Organizing Committee Swati Shukla.

Gutta mengajukan kasusnya ke pengadilan, dan dia mendapatkan ijin untuk ikut turnamen saat investigasi berlangsung. Gutta pun mendapat banyak dukungan karena hukuman tersebut dinilai terlalu berat.

Gutta dan pasangan bermainnya, Ashwini Ponnappa, menutup 2013 dengan menjuarai turnamen nasional Chanda Cup, setelah mengalahkan Pradnya Gadre/N Sikki Reddy 21-17, 21-16. Gutta/Ashwini adalah peraih medali perunggu World Championships 2011. Mereka akan ambil bagian pada Korea Open Superseries, 7-12 Januari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com