Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP 2014, Lanjutan Kisah Persaingan Marquez dan Espargaro

Kompas.com - 03/01/2014, 13:57 WIB
SPANYOL, KOMPAS.com — Dua juara dunia dari kelas berbeda akan bersaing pada MotoGP 2014, yang akan dimulai pada akhir Maret mendatang di Qatar. Marc Marquez dipastikan akan berusaha mempertahankan gelar juara dunia yang didapatnya musim lalu.

Penantang baru muncul, yakni Pol Espargaro. Pebalap Spanyol ini akan menjalani debutnya di kelas primer, setelah menutup musim terakhirnya di Moto2 2013 sebagai juara dunia.

Persaingan dua pebalap ini sudah berlangsung lama, bahkan saat mereka masih anak-anak. Pada 10 tahun lalu, mereka bersaing di kejuaraan tingkat nasional, Catalunya 125 Championoship, di mana Espargaro keluar sebagai juara dan Marquez menjadi runner-up.

MOTOGP.COM - JOSE IRUN FOTOGRAFIA Pol Espargaro pada Barcelona 2004 (kiri) dan Phillip Island 2013.
Ketika itu, jelas masih sulit untuk memprediksi siapa yang akan lebih bersinar. Saat ini, untuk sementara Marquez lebih unggul dengan meraih tiga gelar juara dunia (MotoGP, Moto2, dan Moto3). Espargaro baru meraih satu gelar (Moto2).

Marquez juga sudah berhasil menebus kekalahannya pada 2004, saat keluar sebagai juara dunia Moto2 2012. Kala itu, Espargaro harus puas menjadi runner-up.

Tahun ini, Marquez akan kembali membalap bersama Honda. Sementara Espargaro bergabung dengan Yamaha Tech 3, mengisi posisi yang ditinggalkan Cal Crutchlow ke Ducati.

Marquez yang berusia 20 tahun, atau dua tahun lebih muda dari Espargaro, adalah juara dunia termuda sepanjang sejarah balap kelas primer. Dia juga menjadi rookie pertama yang bisa menjadi juara dunia, setelah 35 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber motogp
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com