Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekening Dibekukan, Pacquiao Pinjam Uang untuk Bantu Korban Haiyan

Kompas.com - 26/11/2013, 20:16 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Rekening milik petinju legendaris Filipina, Manny Pacquiao, dibekukan pengadilan setelah muncul tuduhan ia tidak membayar pajak jutaan dollar.

Para pejabat mengatakan, pajak yang tidak dibayarkan tersebut berasal dari penerimaan pertandingan-pertandingan tinju di Amerika Serikat pada 2008-2009. Pacquiao menolak tuduhan ini dengan menegaskan bahwa semua kewajiban pajaknya sudah ia penuhi.

Petinju yang juga politisi ini menjelaskan bahwa ia membayar pajak di Amerika setelah mengalahkan Ricky Hatton dan Oscar de la Hoya dan berdasarkan satu perjanjian, ia tidak diwajibkan membayar lagi pajak di Filipina.

Penyelidikan pidana atas kasus ini sudah dihentikan. Namun, penyelidikan perdata masih tetap berlanjut, menurut kantor berita Associated Press. Pembekuan rekening dilakukan hanya beberapa hari setelah Pacquiao merebut gelar juara dunia di kelas welter di Makau.

Akibat pembekuan rekening ini, Pacquiao mengatakan ia belum bisa memenuhi janji membantu para korban topan Haiyan, topan paling dahsyat tahun ini, yang menghantam kawasan Filipina tengah beberapa hari lalu.

Pacquiao dilaporkan meminjam 1 juta peso atau sekitar 22.700 dollar AS untuk membantu korban Haiyan. Ia juga berencana meminjam uang lagi untuk memenuhi janjinya.

Terjangan topan Haiyan menyebabkan 5.200 orang tewas dan banyak daerah yang rata dengan tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com