Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Basket Sukses Terapkan Hasil "Try Out" Saat Uji Coba Lawan Hangtuah

Kompas.com - 11/09/2013, 08:59 WIB
Norma Gesita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim nasional basket Indonesia memperoleh kemenangan melawan Hangtuah IM Sumsel pada pertandingan uji coba yang berlangsung di Hall Basket, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2013). Mereka menang telak dengan skor 67-42.

Timnas menurunkan lima starter, yakni Xaverius Prawiro, Kelly Purwanto, Ronaldo Sitepu, Respati Ragil, dan Ruslan. Mereka berhasil membawa timnas unggul dengan 16-10 pada akhir kuarter pertama.

Andakara Prastawa turun di kuarter kedua untuk menggantikan seniornya, Xaverius. Dengan lemparan three point yang tepat sasaran, Prastawa pun membawa timnya unggul 31-19 hingga akhir kuarter kedua.

Timnas memperketat defense mereka. Ruslan beberapa kali melakukan block yang memberi keuntungan untuk timnas pada kuarter tiga. Timnas pun kembali unggul jauh dan menutup kuarter tiga dengan 52-30.

Masuknya Galank Gunawan di kuarter keempat, membuat timnas lebih kuat di bawah ring. Hangtuah tak mampu mengejar perolehan skor. Timnas pun memastikan kemenangan mereka dengan 67-42.

"Hasil ini bagus sekali. Kami banyak melakukan trap di bawah ring, jadi lebih banyak defense. Ini yang kami pelajari waktu try out di Filipina," terang pelatih timnas, Tjetjep Firmansyah, usai pertandingan.

Tjetjep mengatakan, latih tanding kali ini adalah persiapan kematangan timnas menuju  Islamic Solidarity Games (ISG) yang akan berlangsung di Palembang, 15-21 September.

"Kami tidak mencari menang atau kalah. Tapi berlatih untuk menghadapi pemain yang lebih besar dan tinggi. Jadi, tadi saya suruh mereka untuk menganggap lawannya sebagai orang yang tinggi besar dan bertahan," terang Tjetjep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com