Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warisan Berharga Michael Phelps

Kompas.com - 05/08/2013, 16:57 WIB
BARCELONA, KOMPAS.com — Legenda renang AS, Michael Phelps, telah setahun pensiun. Namun, sosoknya masih terus membayangi setiap atlet renang kelas dunia.

Phelps mengundurkan diri dengan catatan karier spektakuler, termasuk merebut 18 medali emas Olimpiade dan 26 gelar juara dunia antara 2000-2012.

Hilangnya sosok Michael Phelps di dunia renang diakui oleh para atlet yang mengikuti World Championships di Palau Sant Jordi, Barcelona, pekan lalu. Seperti dikatakan Katie Ledecky, atlet putri AS yang memecahkan dua rekor dunia di Barcelona.

Menurut Ledecky, figur Phelps masih bisa dirasakan, bahkan setelah 12 bulan menghilang dari kolam. "Saat ini, banyak atlet putra yang hebat," kata Ledecky. "Michael (Phelps) telah meninggalkan warisan yang hebat buat kami dan saya kira banyak perenang yang terinspirasi oleh dia, baik putra maupun putri."

"Para atlet putra berusaha menyamai rekor miliknya, yang tentunya sangat sulit. Saat ini saatnya para atlet wanita melakukan hal serupa," kata Ledecky.

Kejuaraan dunia renang di Pulau Sant Jordi memang ditandai dengan penampilan cemerlang beberapa atlet putri. Tercatat nama atlet AS, Missy Franklin, yang mengukir sejarah dengan merebut enam medali emas, serta Ledecky dan atlet Lithuania, Ruta Meilutyte, yang mencatat dua rekor dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com