Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Atlet Bulu Tangkis Ikut Asian Youth Games

Kompas.com - 19/07/2013, 13:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Jonatan Christie, Muhammad Bayu Pangisthu, Ruselli Hartawan, dan Fitriani akan ambil bagian di ajang Asian Youth Games 2013. Keempat pemain muda ini akan berlaga di Nanjing, China, pada 16-24 Agustus 2013.
 
Asian Youth Games 2013 ini merupakan ajang multisports yang dilangsungkan empat tahun sekali dengan tujuan mempererat komunikasi dan pertukaran di antara pemuda-pemudi di kawasan Asia, menyebarkan olympic spirit untuk mendorong mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam olahraga, kebudayaan, dan kegiatan pendidikan serta gaya hidup sehat.
 
Perhelatan ini merupakan yang kedua setelah tahun 2009 lalu Asian Youth Games sukses dilangsungkan di Singapura. Sebanyak 45 negara dan 3.000 atlet (usia 14-17 tahun) dan ofisial tercatat menghadiri event ini.
 
Bulu tangkis merupakan satu dari 16 cabang yang akan dimainkan. Bertempat di Nanjing Sport Institute Gymnasium, bulu tangkis akan memainkan tiga nomor saja, yaitu tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran.
 
"Nomor ganda putra dan ganda putri memang tidak akan dimainkan. Pemain kita akan bermain rangkap. Jonatan kemungkinan akan dipasangkan dengan Fitriani, sementara Bayu dengan Ruselli. Pertimbangan pemilihan pemain selain segi usia adalah kualitas dari pemain-pemain tersebut," kata Christian Hadinata, mantan Kasubid Pelatnas yang kini menjabat sebagai Staf Ahli bagian Pendidikan dan Pelatihan, seperti dikutip badmintonindonesia.
 
Sementara itu, para pemain terpilih mengaku senang mendapat kesempatan mewakili Indonesia di ajang ini. Terlebih lagi, sebagai pemain muda, mereka bisa menimba pengalaman sebelum nantinya terjun ke level yang lebih tinggi seperti Asian Games dan Olimpiade.
 
"Saya senang bisa membawa nama Indonesia di ajang multievent. Ini adalah pengalaman pertama buat saya. Kesempatan ini harus kami manfaatkan sebaik-baiknya. Soal target pasti inginnya yang terbaik, yaitu gelar juara, tapi kami ingin fokus satu demi satu pertandingan dulu," ujar Ruselli, pemain kelahiran Jakarta, 27 Desember 1997 ini.
 
Ruselli, Bayu, dan Fitriani merupakan anggota tim inti Indonesia pada ajang Asia Junior Championships 2013 lalu. Sementara Jonatan baru saja membuat kejutan dengan menjadi juara di kelas tunggal putra dewasa pada kejuaraan Prim-A Indonesia International Challenge 2013.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com