Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Bisbol Kuba Membelot ke AS

Kompas.com - 18/07/2013, 21:17 WIB
FLORIDA, KOMPAS.com — Pemain tim nasional bisbol Kuba, Misael Siverio, dilaporkan membelot ke Amerika Serikat menjelang serangkaian pertandingan melawan tim bisbol beberapa universitas di AS. Pemain 24 tahun ini mengaku kepada media bahwa dirinya ingin berkarier di Major League Baseball (MLB).

”Tidak mudah meninggalkan dan melupakan masa lalu. Namun, saya sudah berketetapan ingin berkarier di Amerika. Saya sudah memikirkannya secara mendalam,” kata Siverio kepada surat kabar berbahasa Spanyol di Florida, el Nuevo Herald.

”Ini semua demi masa depan saya dan demi kebaikan keluarga. Menjadi mimpi saya untuk bermain di Amerika. Saya akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mewujudkan mimpi tersebut,” katanya.

Siverio menghilang dari hotel tempat tim nasional Kuba menginap di Iowa pada Selasa (16/7/2013) malam waktu setempat. Delegasi Kuba memperkirakan Siverio tidak akan kembali bergabung dengan tim.

Setidaknya ada beberapa pemain bisbol Kuba yang pernah atau masih bermain di MLB. Orlando Hernandez menyelundup ke Amerika dengan menggunakan perahu pada 1997 dan mengalami masa kejayaan bersama New York Yankees. Terakhir dia bermain untuk New York Mets pada 2006-2007.

Orlando adalah saudara tiri Livan Hernandez yang sekarang bermain untuk Milwaukee Brewers.

Pemain Kuba yang juga masih aktif di MLB adalah Yoenis Cespedes. Dia meninggalkan Kuba pada 2011 dan kemudian direkrut Oakland Athletics. Sementara Yasiel Puig dinilai memiliki masa depan cerah di klubnya saat ini, Los Angeles Dodgers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com