Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angka-angka Menarik Jelang Laguna Seca

Kompas.com - 18/07/2013, 20:30 WIB
CALIFORNIA, KOMPAS.com — Seandainya Marc Marquez keluar sebagai juara GP Amerika Serikat di Sirkuit Laguna Seca akhir pekan nanti, dia akan mencatat sejarah sebagai rookie kelas primer pertama yang berhasil melakukannya.

Sebelum balapan yang akan dimulai dengan sesi latihan bebas pada Jumat (19/7/2013) pukul 10.25 waktu setempat atau Sabtu pukul 00.25 WIB, berikut angka-angka menarik seputar fakta MotoGP.

40 tahun - Pada hari balapan di Laguna Seca adalah tepat 40 tahun sejak Phil Read menang pada GP Swedia 1973 di Sirkuit Anderstorp yang mengantarnya menjadi juara dunia 500 cc untuk kali pertama pada usia 34 tahun.

36 - Sudah ada 36 balapan MotoGP sejak pebalap AS, Ben Spies, menang di GP Belanda 2011 di Sirkuit Assen.

28 - Kemenangan di GP Jerman, akhir pekan kemarin, adalah kali ke-28 Marc Marquez memenangi balapan di semua kelas. Catatan ini hanya kalah satu kemenangan dari pebalap Italia, Loris Capirossi, pada tahun pertama naik ke kelas MotoGP.

28 tahun - Pada hari balapan di Laguna Seca adalah genap 28 tahun sejak Freddie Spencer menang di balapan 500 cc dan 250 cc GP Perancis 1985 di Sirkuit Le Mans. Ini adalah kali terakhir pebalap memenangi balapan kelas primer dan menengah dalam satu hari.

26 - Sudah ada 26 balapan di mana tidak ada pebalap AS yang naik podium sejak Ben Spies finis kedua pada seri terakhir musim 2011 di Valencia. Ini adalah jarak terlama di kelas primer sejak Kenny Roberts Jr memutus 33 balapan tanpa pebalap AS di podium pada seri pertama 1999 di Malaysia.

23 - Balapan Laguna Seca nanti akan menjadi balapan ke-23 yang pernah digelar di Amerika Serikat. Dua event pertama pada 1964 dan 1965 digelar di Sirkuit Daytona. Sisanya, 14 balapan sudah digelar di Laguna, 5 di Indianapolis, dan 1 balapan di Austin.

6 - Enam balapan MotoGP di AS selalu dimenangi pebalap Honda. Pebalap non-Honda yang terakhir menang adalah Jorge Lorenzo dari Yamaha di Laguna Seca 2010.

4 - Kemenangan pada GP Jerman adalah yang keempat secara berurutan bagi Marc Marquez di tiga kelas berbeda. Pada 2010, dia menang di kelas 125 cc, lalu 2011, dan 2012 di kelas Moto2, serta akhir pekan kemarin dia menang di kelas MotoGP. Marquez adalah pebalap pertama pada era modern yang menang empat tahun berurutan di sirkuit yang sama di tiga kelas berbeda.

4 - Jorge Lorenzo selalu berhasil mengunci pole position pada empat balapan terakhir di Laguna Seca. Jika kembali meraih pole akhir pekan nanti, dia akan menjadi pebalap kedua yang menguasai pole lima kali berturut-turut di sirkuit yang sama pada era MotoGP. Casey Stoner adalah satu-satunya pebalap MotoGP yang berhasil melakukannya di sirkuit kandangnya, Phillip Island.

2 - Dengan tidak ikut membalapnya Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo di Jerman, berarti hanya dua pebalap yang selalu berhasil meraih poin dari delapan seri berjalan musim ini, yakni Andrea Dovizioso dan Aleix Espargaro.

1 - Satu-satunya pebalap Honda yang bisa meraih pole position di Laguna Seca pada era MotoGP adalah Nicky Hayden pada balapan 2005.

0 - Tidak ada pebalap yang menang di Laguna Seca saat mereka menjadi rookie kelas primer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber motogp
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com