Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan : Saya Ingin Harumkan Indonesia

Kompas.com - 27/02/2013, 23:13 WIB
Emilius Caesar Alexey

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Langkah pebalap motor Indonesia, Rafid Topan Sucipto, mulai mendapatkan dukungan dana dari dunia swasta Indonesia. Topan berjanji akan berusaha keras  meraih hasil terbaik untuk membalas dukungan berbagai pihak.                

"Saya ingin mengharumkan nama  Indonesia di ajang balap motor. Saya akan merebut poin demi poin di setiap seri agar dapat menempati posisi 15 besar di akhir musim," kata Topan, dalam acara pemberian dukungan dana dari PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) produsen oli Evalube, Rabu (27/2/2013), di Jakarta.                

Menurut Topan, dalam dua tes pramusim Moto2, dirinya hanya mendapat sepeda motor yang digunakan pada musim 2012, bukan motor baru. Sedangkan, sebagian  pebalap lainnya sudah menggunakan motor baru.

Dengan motor lama, Topan hanya mampu menempati posisi ke-14 dan catatan waktunya hampir menyamai Anthony West, rekan setimnya yang menjadi runner-up di seri Malaysia dan Australia, musim lalu.                

Topan mengaku penampilannya masih belum optimal dengan motor lama. Dari data elektronik yang didapat dari motornya, Topan terlihat terlalu kencang saat masuk ke tikungan dan kurang cepat saat keluar dari tikungan.

Topan masih mempelajari kecepatan optimal untuk masuk dan keluar tikungan dan gaya menikung yang efektif.                

Pebalap berusia 18 tahun itu mengaku, jika mampu memperbaiki kecepatan menikung, dia yakin dapat menembus posisi sepuluh besar saat lomba.

Posisi finis sepuluh besar menjadi syarat utama bagi para pebalap untuk merebut poin saat lomba. "Jika tim Qatar Motor and Motorcycle Federation (QMMF) memberi saya motor baru untuk tes pramusim ketiga, saya  dapat melaju lebih cepat. Dengan demikian, peluang saya untuk mendapat poin menjadi lebih besar," kata Topan.                

Keinginan pemuda keturunan Pakistan itu untuk mengharumkan nama Indonesia disambut baik oleh Direktur Utama PT WGI, Yohanes Harianto.

Menurut Harianto, pihaknya mensponsori Topan dan menunjukknya menjadi Duta Evalube karena  dinilai dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia,  agar terdorong  untuk berprestasi sejak usia muda.                

Wakil Ketua Pengurus Pusat IMI, Sadikin Aksa, mengatakan, keterlibatan dunia usaha untuk  mensponsori Topan sangat bermanfaat. Juara ajang Losail Asia Road Race Championships 2012 itu masih membutuhkan dana sampai Rp 4,3 miliar untuk menunjang aktivitasnya selama musim 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com