Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KONI Belum Terima Surat Kepindahan Yosita

Kompas.com - 14/01/2013, 13:52 WIB

PADANG, Kompas.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat belum membahas soal kepindahan perenang Patricia Yosita Hapsari dari klub Ambacang Swimming Pool (ASP) ke salah satu klub renang di Jakarta.
     
"Sejauh ini belum ada pembahasan untuk menindaklanjuti kepindahan perenang Yosita dari klubnya ASC ke salah satu klub di Jakarta," kata Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Handrianto di Padang, Senin.
     
Ia menjelaskan, sejauh ini Yosita baru mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada klubnya, namun hal tersebut harus juga disampaikan kepada Pengurus Provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) dan KONI Sumbar sebagai induk dari seluruh organisasi olahraga didaerah ini.
     
Patricia Yosita Hapsari merupakan perenang putri Sumbar yang berhasil meraih tiga medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Riau, pada ajang itu Yosita berhasil mengapungkan medali emas lewat nomor 50 meter, 100 meter dan 200 meter gaya bebas putri, serta meraih medali perak dari nomor 200 meter gaya ganti putri.
     
Selain itu Yosita pada ajang tersebut juga mampu  memecahkan rekor PON atas nama Nancy Suryaatmadja yang diciptakan pada PON 2008 lewat nomor 50 meter gaya bebas.
     
Handrianto mengatakan, kepindahan Yosita dari klubnya merupakan haknya sebagai atlet, namun menurutnya,  hal tersebut bisa tidak bisa pindah begitu saja, karena Yosita merupakan atlet yang masuk dalam kategori atlet andalan dan masuk dalam pembinaan KONI Sumbar.
     
"Selama ini Yosita juga dibantu oleh KONI Sumbar dalam setiap latihan dan uang saku, selain itu ia juga diberikan fasilitas untuk menunjang program latihannya, termasuk saat persiapan untuk PON 2012 yang dilatih oleh Felix C. Sutanto di Jakarta," katanya.

Lebih lanjut Handrinto menambahkan, jika Yosita pindah ke klub di Jakarta, hal itu tidak mempengaruhi status dia sebagai atlet Ranah Minang, dan masih bisa dipanggil kembali untuk bisa mewakili Sumbar pada ajang nasional, seperti PON 2016.
    
Perenang Patricia Yosita saat ini tengah melanjutkan pendidikan di Amerika sekaligus berlatih renang. Perenang  kelahiran Jakarta 30 Juli 1993 ini melanjutkan pendidikannya di California Baptist University (CBU) di Riverside, Amerika. Ia memperoleh beasiswa dari CBU dan ditambah bantuan beasiswa unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com