Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia Ubah Titik Finis Etape Pertama

Kompas.com - 22/08/2012, 21:47 WIB
Helena Fransisca Nababan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Panitia penyelenggara balapan sepeda Tour de East Java (TdEJ) 2012 mengubah rute dan jarak etape balapan kelas 2.2 itu. Dengan perubahan itu, jarak etape berkurang sekitar tujuh kilometer.

"Sengaja kami ubah untuk disesuaikan dengan konsep balapan tahun ini," ujar Ketua Yayasan TdEJ, Harijanto Tjondrokusumo dalam surat elektroniknya, Rabu (22/8/2012).

Menurut Harijanto, perubahan rute ini tidak lepas dari konsep awal yang diperkenalkan TdEJ. "Sejak awal kami ingin memperkenalkan wisata yang ada di Jawa Timur, dan dikemas dalam olahraga. Alasan itu yang mengubah jarak dan titik finis," lanjunya.

Semula, etape pertama TdEJ 2012 berawal dari Probolinggo dan berakhir di Malang sejauh 84 kilometer. Kemudian, panitia mengubah lintasan, etape menjadi berawal dari Probolinggo dan berakhir di Singosari, Kabupaten Malang.

Dengan perubahan itu, jarak tempuh diperkirakan berkurang menjadi sekitar 77 kilometer. Dari perubahan itu, para peserta balapan yang akan digelar 29 Agustus-2 September 2012 itu akan menghadapi jalan berliku sebelum memasuki kawasan purbakala Singosari.

Adu sprint dalam jarak pendek dan rapat adalah suguhan yang belum pernah ada dalam balapan ini sebelumnya. "Rute pendek dan flat, memberi tantangan bagi seluruh pebalap," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com