Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia GP Malaysia Didenda 15.000 Euro

Kompas.com - 21/10/2011, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Panitia penyelenggara GP Malaysia dijatuhi hukuman denda sebesar 15.000 euro, karena dianggap lalai, sehingga menyebabkan kecelakaan pada latihan bebas pagi hari Moto2, Jumat (21/10/11). Insiden tersebut melibatkan sejumlah pebalap, termasuk penantang terkuat peraih gelar juara dunia Moto2 2011, Marc Marquez, serta Bradley Smith yang mengalami retak tulang selangka dan dada memar.

Kedua pebalap tersebut, bersama dengan Jules Cluzel, jatuh dengan keras di Tikungan 10 pada awal latihan bebas kedua. Marquez lolos dari cedera serius, tetapi memilih absen pada latihan sesi sore untuk pemulihan, sedangkan Cluzel tak mengalami luka.

Kondisi trek cukup licin di tikungan tersebut, karena ada titik-titik hujan yang jatuh antara akhir latihan bebas MotoGP dan awal dimulainya Moto2. Tetapi, tak ada bendera peringatan yang diberikan, untuk memberi tanda bahwa permukaan trek licin.

"Para marshal bendera tidak mengibarkan bendera di Tikungan 10, tempat di mana trek itu benar-benar basah dan menciptakan situasi yang sangat berbahaya bagi pebalap, yang merupakan pelanggaran untuk Art. 1.22.1 dari FIM Road World Championship Grand Prix Regulations," demikian pernyataan FIM.

GP Malaysia ini sangat krusial bagi Marquez, yang berada di peringkat dua klasemen sementara. Pebalap Spanyol tersebut hanya terpaut tiga poin dari pemimpin klasemen sementara, Stefan Bradl.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com