Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Yakin SEA Games Indonesia Sukses

Kompas.com - 29/09/2011, 22:43 WIB

SINGAPURA, Kompas.com - Pemerintah Singapura menyampaikan keyakinannya yang kuat akan keberhasilan Indonesia menyelenggarakan Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara (SEA Games) XXVI di  Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, November mendatang. Keyakinan itu disampaikan Menteri Urusan Pembangunan Masyarakat, Pemuda dan Olahraga Singapura Chan Chun Sing kepada wartawan Indonesia, Kamis (29/9/11).

"Saya yakin Indonesia akan baik-baik saja terkait dengan penyelenggaraan SEA Games, karena daya tahan yang dimiliki bangsa Indonesia," katanya.

Kesiapan Indonesia sebagai penyelenggara pesta olahraga yang diikuti para atlet dari 10 negara anggota ASEAN dan Timor Leste itu sempat disoroti media massa nasional. Pasalnya, sebagian venue di Sumatera Selatan ada yang belum selesai.

Sorotan publik dan media massa di Tanah Air terhadap kesiapan Indonesia itu juga dipicu oleh mencuatnya kasus dugaan suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games yang menyeret Muhammad Nazaruddin, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat.

alam pertemuan dengan wartawan Indonesia tersebut, Chan Chun Sing menyampaikan keyakinannya pada keberhasilan Indonesia menyelenggarakan pesta olahraga yang mempertandingkan 44 cabang olahraga itu. Tetapi dia enggan mengungkapkan jumlah medali yang ditargetkan pada para atlet negaranya.

Menteri berusia 42 tahun ini mengatakan, para atlet Singapura terus mempersiapkan diri namun "kalah-menang" adalah hal biasa, dan mereka justru didorong untuk memanfaatkan pesta olahraga itu sebagai kesempatan untuk membangun persahabatan dengan para atlet dari negara-negara peserta lainnya.

Menjawab pertanyaan tentang kemungkinan Singapura menjadi tuan rumah SEA Games 2015, Chan Chun Sing mengatakan, pihaknya belum mengambil keputusan akhir. Meskipun demikian, pembangunan pusat-pusat olahraga yang diperlukan akan selesai pada pertengahan 2014.

"Jadi kami belum memutuskan apakah akan menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2015 atau tidak," katanya.

SEA Games XXVI Palembang-Jakarta akan diikuti para atlet dari Indonesia, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam, dan Timor Leste.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com