Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simon Santoso Gagal ke Final

Kompas.com - 19/03/2011, 22:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tunggal putra Indonesia, Simon Santoso, gagal melangkah ke final Swiss Terbuka Grand Prix Gold. Pada partai babak semifinal melawan pemain Korea Selatan, Lee Hyun Il, Sabtu (19/3/2011), Simon, yang ditempatkan sebagai unggulan kedua, menyerah 21-17, 10-21, 10-21.

Dengan demikian, pupuslah harapan Indonesia untuk membawa pulang gelar dari sektor tunggal putra turnamen berhadiah 125.000 dollar AS ini. Pasalnya, Simon menjadi harapan satu-satunya untuk memboyong gelar ke Tanah Air. Di final, Minggu (20/3/2011), Lee akan menghadapi pemenang antara unggulan 4, Park Sung Hwan (Korea), dan unggulan 12, Wong Choong Hann (Malaysia).

Dalam duel berdurasi 51 menit ini, Simon mengawalinya dengan bagus karena dalam game pertama dia terus memimpin jalannya pertandingan. Meskipun perolehan poinnya sempat nyaris terkejar setelah dia unggul 15-7 menjadi 15-13, Simon bisa menjauh dan menang 21-17.

Namun, dalam dua game selanjutnya Simon terus mendapatkan tekanan. Dalam game kedua, tunggal putra terbaik Pelatnas Cipayung tersebut hanya mampu memberikan perlawanan sengit hingga kedudukan 3-3 karena setelah itu dia terus tertinggal dan menyerah 10-21.

Pada game ketiga yang menjadi penentu tiket ke final, Simon benar-benar tak berdaya. Dia langsung tertinggal 0-8, dan setelah itu Lee terus mendikte jalannya laga. Sempat kehilangan satu angka, Lee kembali meraup lima poin untuk unggul 13-1, dan akhirnya meraih kemenangan 21-10.

Gagal di tunggal putra, Indonesia masih punya harapan di tiga sektor lainnya, yaitu ganda putri, ganda putra, dan ganda campuran. Di tiga nomor tersebut akan tampil Meiliana Jauhari/Greysia Polii (ganda putri unggulan kedua), ganda campuran Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir (unggulan 5), dan ganda putra Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan (7).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com