Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GP Bahrain Mungkin Jadi Seri Terakhir

Kompas.com - 03/03/2011, 21:49 WIB

KOMPAS.com — Supremo Formula 1 (F1) Bernie Ecclestone memberikan peluang bagi Bahrain untuk tetap jadi tuan rumah pada tahun 2011 ini. Sirkuit Sakhir kemungkinan akan menjadi penutup musim setelah dia memastikan tidak akan diselenggarakan pada musim panas.

Pada awal pekan ini, Ecclestone mengatakan bahwa Bahrain akan dijadwal ulang untuk tetap jadi penyelenggara, setelah ada pembatalannya sebagai seri pembuka. Pasalnya, situasi politik yang tidak kondusif membuat pihak F1 membuat keputusan tersebut (membatalkan).

Berbicara kepada BBC pada Kamis (3/3/2011), bos F1 ini menganjurkan Sirkuit Sakhir bisa mengambil alih posisi GP Brasil, yang di kalender resmi menjadi seri penutup. Pasalnya, dia tidak ingin satu seri pun yang terlewatkan pada musim ini.

"Kami harus melihat lagi, apa yang bisa dilakukan, bagaimana kami bisa menukarnya (putaran). Mungkin kami bisa menukarnya dengan Brasil, atau sesuatu seperti itu," ujarnya.

"Saya tidak tahu bagaimana persisnya karena semuanya masih tergantung keamanan di Bahrain. Tetapi, jika sudah baik, kami akan menemukan sebuah jalan."

"Orang-orang di sana sudah merupakan suporter yang sangat besar bagi kami, dan terus bertambah. Kami mendapat banyak dukungan di Bahrain dibandingkan dengan apa yang kami lakukan ketika kami untuk pertama kalinya memulai di sana, dan jika mereka ingin balapan tetap berlangsung, maka kami akan mengusahakannya."

Ecclestone menambahkan, "Lupakan Agustus, karena terlalu panas. Cuacanya sangat panas bagi publik yang duduk di arena grandstand, karena suhunya bisa mencapai 40 derajat."

Mengenai hal tersebut, Ecclestone mengatakan, keputusannya diharapkan sudah bisa diambil pada awal pekan depan.

Tak berlebihan jika Ecclestone tetap berusaha agar tak satu pun jadwal yang sudah ada di kalender terlewatkan. Sebab, dari sisi komersial, mereka akan mengalami kerugian yang sangat besar jika ada seri yang terlewatkan. Seperti yang terjadi di Bahrain ini, F1 akan mengalami kerugian sekitar 40 juta dollar AS karena harus membayar kompensasi kepada sponsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com