Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McLaren Masih Sembunyikan Rahasia MP4-26

Kompas.com - 04/02/2011, 21:55 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — McLaren baru saja meluncurkan mobil barunya yang bernama MP4-26 pada Jumat (4/2/2011) di Berlin. Tetapi, tim yang bermarkas di Woking ini tak mau membeberkan rahasia terbesar mobil barunya tersebut, karena saat ini masih disembunyikan.

Saat peluncuran, tim melakukannya dengan unik karena dirakit di depan kerumunan orang di Berlin, setelah didorong melintasi Potsdamer Platz. Mereka juga berusaha merahasiakan inovasi yang dilakukan pada desain internal, sehingga yang ada hanyalah barang-barang palsu, termasuk mesin plastik dan knalpot,  tidak ada kesempatan orang dengan sekilas melihat rahasianya.

Team principal McLaren, Martin Whitmarsh, mengatakan bahwa mobil akan dikembangkan secara agresif sebelum awal musim–dan mengonfirmasi mengenai sedikit desain di Berlin, mengenai sidepods yang berbentuk U.

"Peringatan, Anda belum melihat semuanya," ujarnya saat konferensi pers. "Saya kira ada beberapa hal yang sangat menarik pada mobil yang Anda bisa lihat. Tetapi ada beberapa yang kami sembunyikan dari Anda dan pesaing kami.

"F1 menyangkut pengembangan yang berkesinambungan, dan kami akan memulai pengetesan pada minggu depan. Pada tahap itu, mobil akan bergerak secara halus. Ada beberapa inovasi yang fantastis. Tidak pernah berhenti membuat saya takjub bahwa meskipun peraturan jauh lebih ketat, terutama di sekitar daerah diffuser, itu hanya kreativitas mengemudi.

"Bagi saya, salah satu bagian mendebarkan dari pekerjaan saya adalah melihat apa yang dilakukan orang yang lebih pintar daripada saya. Mereka memiliki beberapa ide besar, itu menarik, itu menantang, dan ada beberapa risiko. Tapi, kami dalam sebuah bisnis, di mana jika Anda tidak inovatif, maka Anda tidak kompetitif.

"Tentu, kami tidak menampilkan kepada Anda dan kompetitor kami seluruh pekerjaan hari ini. Tetapi, saya pikir ada hal yang cukup menarik untuk dilihat. Saya pikir ini merupakan paketan mobil yang indah. Saya pikir ini mobil yang fantastis."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com