Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taufik Beri Harapan Raih Gelar di Perancis

Kompas.com - 31/10/2009, 01:15 WIB

PARIS, Kompas.com - Taufik Hidayat memberikan harapan bagi Indonesia untuk membawa pulang gelar tunggal putra dari Perancis. Unggulan keempat ini maju ke babak empat besar Perancis Terbuka Super Series setelah menang straight set 22-20, 21-15 atas pemain muda China, Chen Long, di Stadium Pierre de Coubertin, Jumat (30/10).

Di semifinal, Sabtu (31/10), Taufik menunggu pemenang antara unggulan kedua dari Denmark Peter Hoeg Gade dan pemain China, Bao Chunlai. Siapapun lawannya, dipastikan unggulan keempat ini harus berjuang ekstra keras, termasuk jika menghadapi Bao Chunlai yang bulan lalu mengalahkannya di final Jepang Terbuka Super Series.

Taufik menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang tersisa di nomor tunggal putra. Pasalnya, dua pemain lainnya, Sony Dwi Kuncoro dan Simon Santoso, sudah tersingkir di babak kedua.

Duel berdurasi 50 menit ini hanya berlangsung ketat di set pertama. Taufik sempat unggul 4-1, kemudian 7-4. Tetapi Chen Long mampu mengejar dan menyamakannya menjadi 8-8, dan mulailah terjadi pertarungan alot karena mereka selalu hanya terpaut satu poin dan saling mendahului.

Taufik sempat dalam kondisi kritis karena tertinggal 19-20. Tetapi mantan pemain Pelatnas ini bisa bangkit dan meraih tiga poin secara beruntun untuk menyudahi set pertama dengan 22-20.

Di set kedua, Taufik tak terbendung lagi. Peraih medali emas Olimpiade Athena ini langsung melejit usai tertinggal 1-2 dengan raihan empat poin secara berturut-turut, dan terus melaju sampai unggul 18-11. Di sini, Chen Long sempat menahan laju Taufik untuk memangkas ketinggalannya menjadi 15-18. Tetapi setelah itu, Taufik merebut tiga poin terakhir untuk menang 21-15.

Sementara itu di partai semifinal lainnya terjadi pertarungan antara sesama pemain China. Unggulan pertama Lin Dan, yang menang 21-19, 21-16 atas unggulan keenam Joachim Persson (Denmark), akan menghadapi unggulan ketiga, Chen Jin, yang menang 19-21, 21-14, 21-15 atas Hu Yun (Hongkong).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com