Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedrosa Pole, Ungguli Duo Fiat Yamaha

Kompas.com - 30/08/2009, 02:38 WIB

INDIANAPOLIS, KOMPAS.com - Dani Pedrosa menunjukkan dominasinya di GP Indianapolis. Setelah merajai dua sesi latihan pada Jumat dan Sabtu, pebalap Repsol Honda ini juga kembali mencatat waktu tercepat pada babak kualifikasi, Minggu (30/8) dini hari WIB, sehingga dia berhak meraih pole position.

Dalam sesi kualifikasi yang berlangsung satu jam itu, Pedrosa mencatat waktu terbaik 1 menit 39,730 detik. Dia mengungguli dua pebalap Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, yang berturut-turut ada di posisi dua dan tiga. Lorenzo membukukan waktu 1 menit 40,236 detik sedangkan Rossi 1 menit 40,609 detik.

Raihan Pedrosa di Indianapolis ini memberikan indikasi dia juga bakal mendominasi balapan seri ke-12 ini pada hari Minggu (atau Senin, 31/8 dini hari WIB). Pasalnya, pebalap asal Spanyol ini terus mempertajam waktu yang dicapainya sejak latihan 1, latihan 2 hingga kualifikasi.

Jika demikian, maka harapan Pedrosa untuk merangkak ke posisi atas klasemen sementara, sekaligus meramaikan persaingan menuju tangga juara MotoGP 2009, bisa terwujud. Saat ini Pedrosa yang mengoleksi 135 poin masih berada di posisi empat, terpaut 77 poin dari Rossi yang memimpin klasemen sementara.

Pebalap Honda Gresini Alex de Angelis menempati urutan empat. Dia akan start dari barisan kedua bersama dengan dua pebalap tuan rumah, Colin Edwards (Yamaha Tech 3) dan Nicky Hayden (Ducati Marlboro), yang berada di posisi lima dan enam.

Selanjutnya, Toni Elias (Honda Gresini), Andrea Dovizioso (Repsol Honda), Marco Melandri (Hayate Kawasaki) dan James Toseland (Yamaha Tech 3), berturut-turut melengkapi posisi 10 besar.

Pada balapan kali ini, jagoan Ducati Casey Stoner masih absen. Sesuai dengan rencananya, mantan juara dunia 2007 ini tidak akan membalap di tiga seri (Brno, Indianapolis dan San Marino), karena dia masih dalam masa pemulihan akibat sakit misterius yang membekap. Pebalap Australia ini baru akan membalap lagi di Estoril, Portugal, pada 4 Oktober mendatang.

Karena itu, posisi Stoner untuk sementara ditempati oleh pebalap Pramac Racing, Mika Kallio. Sayang, di babak kualifikasi ini Kallio tidak bisa berbuat banyak karena dia tercecer di posisi 15, di belakang pebalap Rizla Suzuki, Chris Vermeulen.

Sementara itu Aleix Espargaro yang akan melakukan debutnya di MotoGP pada akhir pekan ini harus puas di urutan 16. Pebalap berusia 20 tahun asal Spanyol ini yang menggantikan Kallio di tim Pramac (di Indianapolis dan San Marino), mencatat waktu 1 menit 42,577 detik.

- Hasil kualifikasi GP Indianapolis

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com