Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendra/Ahsan Kalah, Indonesia Gagal ke Final

Kompas.com - 16/05/2009, 15:44 WIB

GUANGZHOU, KOMPAS.com - Pupuslah harapan Indonesia menuju final Piala Sudirman. Pada babak semifinal, Sabtu (16/5), di Guangzhou Gymnasium, tim Merah-putih menyerah 1-3 dari Korea Selatan.

Kekalahan ganda putra yang baru dipasangkan pada kejuaraan bulu tangkis beregu campuran ini, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dari Jung Jae Sung/Lee Yong Dae, membuat pintu ke final tertutup. Hendra/Ahsan menyerah dua game langsung, 9-21 19-21, dari pasangan Korea peringkat 6 dunia tersebut.

Dengan demikian, Indonesia hanya bisa merebut satu poin dari tunggal putra, ketika Sony Dwi Kuncoro menaklukkan Park Sung Hwan dalam pertarungan rubber set berdurasi 1 jam 15 menit, 14-21 21-15 22-20. Dua kekalahan sebelumnya diperoleh ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir dan tunggal putri Maria Kristin Yulianti.

Tampil bukan dengan pasangan sebenarnya, Markis Kido--cedera lututnya kambuh--, Hendra gagal menunjukkan permainan terbaiknya. Bersama Ahsan yang merupakan pasangan "mendadak", mereka sulit menahan gempuran pasangan Korea yang memang sangat padu. Alhasil, set pertama Hendra/Ahsan hanya bisa mendapatkan 9 poin.

Di set kedua, Hendra/Ahsan berusaha bangkit dan bermain lebih agresif. Hasil di awal laga memang cukup menjanjikan, karena mereka sempat unggul empat poin atas pasangan Korea tersebut.

Namun usai jeda setelah Hendra/Ahsan unggul 11-8, pasangan Korea bisa kembali ke bentuk permainan terbaiknya di mana pertahanan yang bagus menjadi awal serangannya. Setelah mampu menahan setiap gempuran Hendra/Ahsan, Jae Sung/Yong Dae bisa membalikkan situasi untuk melakukan serangan yang terbukti sangat mujarab di mana mereka bisa mengejar ketinggalan dan balik memimpin sampai akhirnya menang 21-19, sekaligus membawa Korea meraih tiket final untuk bertemu pemenang China vs Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com