Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durasi Latihan Kembali 1 Jam, Capirossi dan Suzuki Antusias

Kompas.com - 11/05/2009, 18:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai GP Perancis akhir pekan nanti, durasi untuk latihan plus babak kualifikasi akan ditambah 15 menit, sehingga total setiap sesi menjadi satu jam. Perubahan ini membuat pebalap Rizla Suzuki Loris Capirossi, menyambutnya dengan sangat antusias karena menurutnya, perubahan ini membuat mereka punya waktu lebih banyak untuk memperbaiki setiap kekurangan.

Seperti yang sudah disampaikan, pada awal Mei lalu Federasi Motor Internasional (FIM) mengumumkan perubahan yang cukup menggembirakan. Mereka kembali mengadakan latihan pada setiap Jumat pagi dengan durasi 45 menit, dan pada dua latihan berikutnya plus kualifikasi, waktu yang diberikan satu jam.

Padahal sejak awal musim 2009 ini, FIM meniadakan sesi latihan Jumat pagi dan waktu yang diberikan pada latihan Jumat sore dan Sabtu pagi serta babak kualifikasi hanya 45 menit. Semua ini dilakukan sebagai bagian dari rencana pemangkasan biaya menyusul krisis ekonomi global yang sedang melanda.

Nah, "hadiah" waktu 45 menit tersebut akan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Capirossi menilai, perubahan penting tersebut akan memberikan dampak yang positif bagi Suzuki untuk bisa meningkatkan performanya, setelah mengalami kesulitan dalam tiga seri yang sudah dilakoni.

"Sekarang kami memiliki waktu sedikit lebih panjang pada sesi latihan. Dengan demikian, kami berharap bisa melakukan perbaikan pada motor ini sehingga lebih kompetitif," ungkap Capirossi, yang secara reguler berada di posisi tiga besar di setiap latihan pra-musim, tetapi tidak pernah finis di atas posisi enam, sejak seri perdana di Sirkuit Losail, Qatar.

"Sebelumnya saya pernah mengatakan kecewa dengan hasil-hasil yang sudah diraih selama ini. Karena itu saya ingin kembali memperlihatkan kemampuan GSV-R, serta kemampuan tim secara keseluruhan. Saya yakin kami bisa lebih dekat dengan yang berada di depan, dan menjadi penantang bagi yang di atas. Untuk itu, kami perlu sedikit keberuntungan dan perubahan," tambahnya.

Hal senada diungkapkan Chris Vermeulen. Rekan setim Capirossi, yang menjadi juara di Sirkuit Le Mans pada tahun 2007 itu mengatakan, di GP Perancis ini mereka akan berusaha tampil lebih baik.

"Pada balapan di sini tahun lalu, saya finis di urutan lima. Nah, kali ini saya akan berusaha meraih hasil yang lebih baik," ungkap pebalap asal Australia itu.

"Kami mengalami start yang buruk pada musim ini, dan hasil-hasil yang diraih tidak sesuai harapan. Meskipun demikian, kami perlu belajar dari apa yang telah terjadi, dan tetap yakin kami bisa lebih kuat setelah istirahat--mulai lagi di Le Mans akhir pekan ini," pungkas Vermeulen yang juga kerab dijuluki "The rain master" alias raja balapan basah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com