Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Conlogue dan Florence Juara Rip Curl Pro Bells Beach 2019

Kompas.com - 29/04/2019, 13:06 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peselancar Amerika Serikat, Courtney Conlogue, berhasil menjuarai Rip Curl Pro Bells Beach 2019 yang merupakan "perhentian" nomor 2 dalam tur Kejuaraan Dunia World Surf League (WSL) 2019.

Selain Courtney Conlogue, peselancar negara bagian AS, Hawaii, John John Florence, juga meraih kemenangan pertamanya di Rip Curl Pro Bells Beach 2019.

Selama pertandingan, Conlogue mendominasi pada masing-masing babak. Sementara itu, John John Florence harus mengalahkan Owen Bright asal Australia pada babak ke-16.

Selain Owen Bright, John Florence juga mengalahkan peraih juara dunia sebanyak dua kali dan juara bertahan WSL, Gabriel Medina, dari Brasil pada babak perempat final.

Baca juga: Rip Curl dan WSL Perpanjang Kerja Sama untuk Kompetisi Selancar Dunia

Pada babak semifinal, John Florence mengalahkan pemenang kompetisi 2017 Jordy Smith (ZAF) dan mengalahkan wakil Brasil, Filipe Toledo, pada babak final.

"Rasanya sangat tidak percaya bisa menjuarai acara ini," kata Florence dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (29/4/2019).

"Terutama pada kompetisi yang kami mulai di Winki dengan ombak yang kecil, lalu bisa dilihat betapa besarnya ombak kemarin dan hari-hari menjadi benar-benar sempurna. Ada begitu banyak tantangan yang berbeda dan bisa melawan Filipe (Teledo) selalu menjadi hal yang sangat menakutkan," kata Florence.

John Florence mengungkapkan bahwa kemenangan pertamanya ini akan menjadi hal yang paling tidak terlupakan dalam kariernya sebagai peselancar. 

"Dari ombak besar kemarin hingga pertarungan hari ini benar-benar melelahkan dan membutuhkan banyak energi. Dua babak kemarin dan tiga babak untuk hari ini," ucapnya.

"Saya hanya mencoba yang terbaik untuk bisa berselancar dan fokus kepada diri saya sendiri, dan itu berhasil. Saya tidak bisa melakukannya tanpa bantuan tim dan keluarga saya," kata Florence.

Baca juga: Peselancar Brasil, Gabriel Medina, Raih Gelar Juara Dunia 2018

Courtney Conlogue juga melewati pertandingan yang tidak mudah. Pada babak semifinal, dia mengalahkan sesama surfer asal California, AS, Lakey Peterson, dan Malia Manuel dari Hawaii di babak final.

Pada babak final saat melawan Manuel, Conlogue berhasil meraih nilai sempurna pertamanya pada tahun ini, yakni 10 dan menjadi juara di Rip Curl Pro Bells Beach untuk ketiga kalinya.

"Ini adalah kompetisi yang luar biasa. Pada awalnya, saya sangat berdebar-debar, lalu tiba-tiba berubah dan saya menikmati ritme lautan ini," ucap Conlogue.

"Rasanya luar biasa untuk mendapatkan Piala Bell lagi, tidak mudah didapatkan. Setiap Piala Bell memiliki jalur dan perjalanan khusus yang membuat saya bisa mendapatkannya dan yang satu ini benar-benar luar biasa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com