Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FORNAS Jadi Ajang bagi Atlet Binaraga Fisik Menuju Kejuaraan Internasional

Kompas.com - 23/04/2019, 20:15 WIB
Nugyasa Laksamana,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) ke-5 di Samarinda, Kalimantan Timur, 15-18 November 2019, dimanfaatkan Pengurus Pusat Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PP PERBAFI) untuk menyeleksi atlet menuju kejuaraan internasional.

Hal itu dinyatakan langsung oleh Ketua Umum PP Perbasi, Kemalsyah Nasution, saat acara peluncuran logo dan maskot FORNAS, di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin (22/4/2019) kemarin.

Baca juga: Semen Padang Optimistis Capai Target di Liga 1

"Ajang FORNAS ini dijadikan ajang yang paling bergengsi bagi PP PERBAFI," ujar Kemalsyah.
 
Ada lima kategori nomor binaraga yang akan dipertandingkan pada ajang FORNAS tahun ini, yakni Men Fitness, Men Sportmodel, Women Fitnessmodel, Women Sportmodel, dan Men Beachmodel.

Setiap perwakilan provinsi boleh mengirimkan atletnya maksimal sebanyak dua orang untuk setiap kategori. 

Sementara itu, baru kali ini FORNAS melibatkan cabang olahraga fitnes (body contest). Kemalsyah berharap ke depannya PERBAFI bisa memberikan contoh kepada masyarakat untuk lebih memahami cara hidup sehat.
 
FORNAS memang mempertandingkan dan menggelar sejumlah eksebisi cabang olahraga masyarakat dan tradisional.

Baca juga: PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019 Akan Digelar di 13 Kota

Bahkan, beberapa cabang olahraga masyarakat sudah ada yang menjadi cabang prestasi hingga tingkat internasional, seperti pencak silat, dayung, panjat tebing, dan beberapa lainnya.
 
"Olahraga rekreasi bisa menjadi olahraga prestasi. Contohnya eSport, itu awalnya di rekreasi, tetapi sekarang sudah ikut olahraga prestasi," kata Ketua Umum FORMI, Hayono Isman.

"Bukan berarti mereka meninggalkan olahraga rekreasi, sama sekali tidak, karena di situ lah pembibitan dan pemberdayaan olahraga apa pun."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com