Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Petinggi Adidas Dihukum Karena Suap

Kompas.com - 06/03/2019, 14:16 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

 

NEW YORK, Kompas.com - Seorang mantan eksekutif Adidas dijatuhi hukuman penjara 9 bulan karena terbukti menyuap beberapa pemain muda setingkat SMA untuk perkembangan karir mereka.

Jim Gatto yang pernah menjabat sebagai direktur pemasaran Adidas, dituduh membayar beberapa bintang bola basket SMA dengan tujuan mengikat mereka dengan perusahaan peralatan olahraga tersebut untuk masa depan sebagai pemain.

Pembayaran tersebut memiliki tiga tujuan yaitu membawa mereka memperkuat perguruan tinggi yang disponsori Adidas, bergabung dengan Adidas saat mereka terjun ke pro serta pada akhirnya menandatangani kontrak dengan Christian Dawkins, agen rekanan Gatto.

Bukti menunjukkan keluarga Dennis Smith Jr -point guard New York Knicks- menerima 40 ribu dolar AS dalam proses perekrutan ini.

Christian Dawkins sendiri dijatuhi hukuman penjara selama enam bulan, Selasa (05/03/2019) bersama Merl Code yang juga terlibat dalam skema kerjasama ini.

Saksi yang dihadirkan mengatakan bahwa Deandre Ayton, pemain pertama dalam seleksi draft NBA 2018, juga masuk dalam skema ini.'

Pengadilan juga mengungkap praktik serupa untuk tingkat perguruan tinggi yang juga melibatkan uang miliaran dolar AS, tetapi para atlet tersebut menerima pembayaran di luar beasiswa sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com