Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Ski Swedia Selamatkan Nyawa di Atas Kereta Gantung

Kompas.com - 25/01/2019, 22:35 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

GARMISCH-PARTENKIRCHEN, Kompas.com - Tiga atlet  ski Swedia yang tengah berlaga di kejuaraan dunia puteri di Garmisch-Partenkirchen membantu menyelamatkan nyawa anggota tim jerman yang terkena serangan jantung saat di kereta gantung.

Tiga atlet Swedia ini melakukan pertolongan pertama saat seorang Jerman yang merupakan panitia pelaksana mengalamai serangan jantung di kereta gantung saat sesi latihan untuk lomba nomor downhill, Sabtu besok.

Ketiga atlet tersebut, Lisa Hoernblad, Lin Ivarsson dan Helena Rapaport tengah menuju tempat latihan, Kamis (23/01/2019) saat seorang Jerman berusia 60 tahun pingsan di kereta gantung.

"Mengerikan sekali, kami berusaha agar dia tetap bertahan, waktu terasa panjang sekali," kata Hoernblad kepada stasiun televisi Swedia, SVT.

Hoernblad memang yang mengambil inisiatif melakukan pertolongan pertama dengan melakukan pijat jantung, sementara kedua rekannya meminta bantuan melalui ponsel mereka.

Saat kereta gantung mencapai puncak, mereka telah ditunggu oleh dokter tim Austria yang melakukan tindak penyelamatan sebelum helikopter datang.

Si korban kemudian dilarikan ke rumah sakit lokal dan dikabarkan dalam keadaan sehat. "Kami senang bahwa semuanya berakhir dengan baik," kata Hoernblad.

Hoernblad, 22, mencatat hasil tercepat kedua pada sesi latihan, Kamis dan ketujuh pada sesi latihan Jumat. Ia terpaut 0.55 detik di belakang  atlet ski tercepat asal Austria, Miriam Puchner.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com