Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Asian Para Games 2018 Berlangsung Meriah

Kompas.com - 23/09/2018, 11:22 WIB
Nugyasa Laksamana,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Parade Asian Para Games 2018 yang diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Minggu (23/9/2018) pagi, berlangsung meriah. Sekitar 10.000 orang ikut berpartisipasi meramaikan acara tersebut. 

Pada parade Asian Para Games (APG) 2018 itu, maskot APG 2018 berwujud burung elang bondol dipamerkan kepada masyarakat dalam bentuk balon udara raksasa. Maskot tersebut bernama Momo. 

Momo merupakan akronim dari motivation dan mobility. Sang maskot memimpin jalannya kegiatan parade tersebut.

Parade APG 2018 menampilkan berbagai aksi menarik, seperti pertunjukan drumband yang dimainkan oleh Akademi Kepolisian (Akpol), komunitas difabel, sejumlah kementerian, dan anak-anak sekolah di Jakarta.

Mereka berjalan beriringan seraya melambaikan tangan kepada para pengunjung Monas, sambil mengenakan aneka ragam pakaian.

Baca juga: Inilah 2 Lagu Resmi Asian Para Games 2018

Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora) Imam Nahrawi, Ketua Panitia Pelaksana APG 2018 (Inapgoc) Raja Sapta Oktohari, CEO Asian Paralimpik Committee Tarek Souei, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Menjelang Asian Para Games 2018, kita menggelorakan kepedulian dan dukungan. Kita akan menjadi tuan rumah gelaran olahraga paling bergengsi di Asia untuk penyandang disabilitas," ujar Raja Sapta Oktohari pada sela-sela acara parade.

Kemeriahan Parade Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Monas, Minggu (23/9/2018) pagi. KOMPAS.com/NUGYASA LAKSAMANA Kemeriahan Parade Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Monas, Minggu (23/9/2018) pagi.

Dalam kesempatan itu, Menpora Imam Nahrawi juga memberikan apresiasi kepada Inapgoc yang telah bekerja sesuai harapan pemerintah dalam mempersiapkan APG 2018.

Beberapa pujian Menpora soal kinerja Inapgoc yakni terkait promosi, keterlibatan masyarakat dalam menyambut pesta olahraga difabel terbesar Asia tersebut.

"Tentu (APG 2018) bisa menjadi alat bagi kita untuk menyatukan semua dukungan terhadap kaum disabilitas, menyatukan semua harapan bahwa disabilitas pun bisa memberikan harga dan martabat untuk Indonesia," ujar Imam Nahrawi.

Acara Parade Momo Asian Para Games 2018 sendiri berlangsung dari pukul 07.00 hingga 10.00 WIB.

Baca juga: Asian Para Games 2018 Bukan untuk Menyaingi Asian Games 2018

Rute parade sendiri dimulai dari pintu tenggara Monas (dekat Stasiun Gambir), Jalan Merdeka Selatan, berputar di Patung Arjuna Wahana, kembali ke Jalan Merdeka Selatan, dan finis lagi di pintu tenggara Monas.

Asian Para Games 2018 sendiri akan berlangsung di Jakarta, pada tanggal 6-13 Oktober mendatang. Seperti halnya Asian Games 2018, Asian Para Games juga akan diawali dengan seremoni pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com