Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah di Semifinal, Anthony Ginting Sumbang Perunggu untuk Indonesia

Kompas.com - 27/08/2018, 16:27 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anthony Sinisuka Ginting gagal melangkah ke final nomor perseorangan tunggal putra cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2018. Langkahnya dihentikan unggulan keempat dari Taiwan, Chou Tienchen.

Dalam duel babak semifinal di Istora Senayan, Jakarta, Anthony kalah rubber game dengan skor 21-16, 21-23, dan 17-21.

Dengan demikian, Anthony gagal menciptakan all-Indonesian final untuk bertemu Jonatan Christie dalam partai perebutan medali emas. Anthony harus puas dengan medali perunggu.

Baca juga: Bulu Tangkis Asian Games 2018 - Jonatan Christie Amankan Tiket Final

Pada gim pertama, Anthony terlihat masih mencari bentuk permainan terbaik. Dia harus mengakui keunggulan Chou saat interval pertama dengan skor 7-11.

Selepas interval, Anthony mengubah gaya bermain dengan sering mengajak Chou bermain reli. Anthony berhasil unggul untuk kali pertama saat skor 14-13.

Sudah menemukan bentuk permainan, Anthony terus menguasai laga hingga akhirnya mengunci gim pertama dengan kemenangan 21-16.

Pada gim kedua, laga berjalan ketat hingga kedudukan sama kuat 8-8. Sayang, Anthony banyak melakukan kesalahan sendiri dan menyerahkan interval pertama ke Chou dengan skor 11-8.

Baca juga: Bulu Tangkis Asian Games 2018 - Marcus/Kevin dan Fajar/Rian Pastikan All Indonesian Final Pertama Setelah 44 Tahun

Sempat tertinggal lima poin, Anthony mampu menyamakan kedudukan di angka 16-16. Laga berjalan sangat sengit dengan menyuguhkan reli panjang hingga skor sama kuat 19-19.

Saat poin krusial ini, tercatat Anthony melakukan dua kesalahan sendiri sehingga kalah dengan skor 21-23.

Meskipun stamina kedua pemain sudah terkuras, gim ketiga tetap berjalan sangat ketat. Chou yang bermain lebih disiplin berhasil mengunci interval pertama dengan skor 11-8.

Selepas interval, Anthony terlihat kesulitan keluar dari tekanan Chou. Peraih gelar Perancis Terbuka Superseries 2017 ini akhirnya harus mengakui keunggulan Chou dengan skor 17-21.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com