Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Bulu Tangkis Asian Games, Ginting Cedera, Indonesia Tertinggal

Kompas.com - 22/08/2018, 19:35 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia untuk sementara tertinggal 0-1 dari China pada final beregu putra Asian Games 2018 di Istora Senayan, Rabu (22/8/2018). Ini terjadi karena Anthony Sinisuka Ginting cedere menjelang gim ketiga usai.

Anthony kalah dengan skor 21-14, 21-23, dan 20-21 (retired). Kalahnya Anthony ini tidak lepas dari cedera lutut yang dideritanya pada gim ketiga.

Pada partai kedua, Indonesia menurunkan ganda andalan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Mereka akan berhadapan dengan Li Junhui/Liu Yuchen.

Baca juga: Hasil Lengkap Drawing Bulu Tangkis Tunggal Putra Asian Games 2018

Bermain di hadapan pendukung Indonesia, Anthony langsung bermain menyerang dan mengontrol permainan.

Anthony langsung unggul cepat di angka 9-3. Meskipun Shi Yuqi sempat memperoleh lima poin beruntun, Anthony berhasil mengakhiri interval pertama dengan skor 11-8.

Berlanjut ke interval kedua, Anthony bermain cepat dengan mencetak enam poin hingga skor 17-9.

Permainan Anthony memaksa Shi Yuqi selalu mengangkat bola. Shi Yuqi selalu gagal menahan smes keras Anthony yang menang 21-14.

Baca juga: Hasil Lengkap Drawing Bulu Tangkis Ganda Putra Asian Games 2018

Pada gim kedua, Shi Yuqi mengubah gaya permainan dengan mengandalkan pukulan rendah. Gim kedua berlangsung ketat hingga skor 5-5.

Jumping smash Anthony benar-benar menjadi momok bagi Shi Yuqi. Anthony kembali unggul saat interval dengan skor 11-9.

Pada interval kedua, Shi Yuqi sering kali mengajak Anthony bermain reli. Laga tetap berjalan ketat hingga kedudukan imbang 16-16. Shi Yuqi berhasil mamaksa Anthony bermain ke gim ketiga setelah mengunci gim kedua dengan skor 23-21.

Berbeda dari dua gim sebelumnya, Shi Yuqi memulai gim ketiga dengan menyerang terlebih dahulu dan menguasai jalannya laga. Pebulu tangkis nomor dua dunia ini unggul hingga skor 8-5.

Meskipun selalu tertekan, Anthony untuk kali ketiga berhasil unggul saat interval dengan skor 11-10.

Selepas interval, Anthony tidak banyak melakukan kesalahan sendiri dan bertahan dengan baik. Anthony sempat unggul empat angka pada skor 15-11.

Anthony sempat mendapatkan perawatan dari tim medis saat terjatuh setelah menerima serangan Shi Yuqi. Anthony akhirnya tidak bisa melanjutkan pertandingan saat tertinggal 20-21.

Shi Yuqi pada akhirnya memenangkan partai pertama ini dalam tiga gim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com