Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puteri Unpar Menangi Laga Pertama

Kompas.com - 06/07/2018, 21:29 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

JAKARTA, Kompas.com - Tim puteri Universitas Katolik Parahyangan mementik kemenangan di hari pertama perhelatan Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball: Blibli.com West Java Conference (WJC) 2018, Jumat (6/7) dengan melibas STIE Kesatuan Bogor dengan skor akhir 61-30.

Dominasi putri Unpar telah diperlihatkan sejak kuarter pertama. Dengan selisih tujuh poin, Unpar menyudahi kuarter awal  dengan skor 12-5. Tirsia Cecilia (nomor punggung 2) menorehkan catatan apik dengan mencetak delapan poin ke koleksi Unpar. Enam poin berhasil diciptakannya lewat dua kali tembakan tiga poin.

Hingga paruh waktu kuarter kedua, STIE Kesatuan tak mampu menambahkan satu pun poin. Namun, akhirnya tim asuhan Galih Nugraha itu berhasil menambah lima poin hingga akhir kuarter kedua. Sementara itu, Unpar semakin meninggalkan lawannya itu dengan tambahan 12 poinnya. Kuarter kedua berakhir masih untuk keunggulan Unpar, 24-10.

Di kuarter ketiga, tim berkostum putih, Unpar, menambah 20 poin. Unpar semakin tak terkejar. Selisih 28 poin dari Unpar membuat tim asal Bogor tersebut harus mengakui ketangguhan lawannya. Skor sementara 44-18 di akhir kuarter ketiga.

Peran sang kapten, Jessica Silvia (7), menjadi penting karena menyumbang poin terbanyak untuk Unpar. Hingga akhir laga, Jessica berhasil menyumbang 18 poin ke dalam koleksi Unpar. Tim asuhan pelatih Arifin itu kembali memperjauh jaraknya dari STIE Ekuitas. Lagapun berakhir dengan skor 61-30 untuk kemenangnan Unpar.

“Untuk pertandingan di LIMA ini kami sudah melakukan persiapan lebih awal. Kita menekan lebih awal, agar poin kita bisa melebihi lawan. Anak-anak tadi berhasil mengeksekusi permainan, sehingga bisa mendapatkan marjin yang besar,” kata Hendra Kurniawan, asisten pelatih Unpar.

Laga Unpar vs STIE Kesatuan tersebut menjadi penanda dimulainya ajang bola basket antar mahasiswa dengan titel LIMA Basketball: Blibli.com West Java Conferece 2018.

Kompetisi bola basket antarmahasiswa Jawa Barat ini akan bergulir di GOR Pajajaran pada 6-13 Juli 2018. Sebanyak 10 tim putra dan lima tim putri memastikan keikutsertaannya dalam LIMA Basketball: Blibli.com WJC 2018 ini.

David Leopold Marthen, staf Departemen Kompetisi dan Pertandingan LIMA, memimpin kegiatan technical meeting (TM) yang digelar di Ruang Citra Hotel Citradream Bandung pada 5 Juli 2018. TM digelar dengan agenda pembahasan administrasi kompetisi, regulasi kompetisi dan laws of the game.

Dalam kesempatan itu, David menerangkan bahwa dalam pertandingan ini, pengundian pul tidak dilakukan. Penentuan klasemen berdasarkan nilai koefisien setiap universitas yang telah diakumulasikan sejak musim ketiga hingga keenam ini.

Klasemen LIMA Basketball: Blibli.com WJC 2018:

Putra
Pul A:
Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB)
Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
Telkom University
STIE Kesatuan Bogor
Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos)

Pul B:
Universitas Widyatama (Utama)
Universitas Pedidikan Indonesia (UPI)
Universitas Padjadjaran (Unpad)
Universitas Komputer Indonesia (Unikom)
STIE Ekuitas

Putri
Pul X:
Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
Universitas Pedidikan Indonesia (UPI)
Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB)
Telkom University
Universitas Padjadjaran (Unpad)
STIE Kesatuan Bogor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com