Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Taekwondo Korea Atraksi di Hadapan Paus Fransiskus

Kompas.com - 30/05/2018, 22:45 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis


VATICAN CIY, Kompas.com - Beberapa atlet muda taekwondo Korea mendemonstrasikan kemampuan mereka di Basilika Santo Petrus di hadapan pemimpin gereja Katolik, Paus Fransiskus untuk mempromosikan perdamaian di Korea.

Sebanyak 10 orang atlet taekwondo dengan mengenakan "dobok" atau pakaian  belatih berwarna putih dan hitam mendemonstrasikan kemampuan seni bela diri taekwondo dengan antara lain memecahkan papan kayu dengan tendangan.

Mereka kemudian membentangkan spanduk bertuliskan,"Perdamaian lebih berharga daripada kemenangan." Seorang atlet gadis muda kemudian melepaskan merpati putih di lapangan Basilika Santo Petrus untuk menandakan perdamaian.

Sebanyak 10 orang atlet taekwondo dengan mengenakan dobok atau pakaian  belatih berwarna putih dan hitam mendemonstrasikan kemampuan seni bela diri taekwondo dengan antara lain memcahkan papan kayu dengan tendangan. Sebanyak 10 orang atlet taekwondo dengan mengenakan dobok atau pakaian belatih berwarna putih dan hitam mendemonstrasikan kemampuan seni bela diri taekwondo dengan antara lain memcahkan papan kayu dengan tendangan.

"Melihat Korea yang bersatu adalah pesan untuk semua kemanusiaan," kata Paus Fransiskus. Bulan lalu, Paus memuji insiatif pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan, Moo Jae-in yang bertemu untuk membicarakan rencana perdamaian kedua negara.

Penampilan tim taekwondo Korea ini sebenarnya direncakana melibatkan atlet taekwondo asal Korea Utara dan Selatan. Namun pihak Korea Utara kemudian membatalkan kesanggupan mereka sebagai protes terhadap latihan militer yang diadakan Korea Selatan dengan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com