Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Buka Apel Pemuda di Cibubur

Kompas.com - 02/05/2018, 16:59 WIB
Tjahjo Sasongko

Editor

JAKARTA, Kompas.com - Lima ribu pelajar dari seluruh Indonesia siap mengikuti apel kebangsaan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON) Cibubur, Jakarta,.pada Rabu (2/5/2018) pagi.

Ketua Panitia Nasional Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan Abdullah Muhdi menyatakan bahwa kegitan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan sebagai langkah komitmen pelajar dalam upaya mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) H Imam Nahrawi untuk mewakilinya menjadi pembina apel kebangsaan yang bakal diikuti oleh 5000 pelajar dari seluruh penjuru Nusantara itu.

Pada apel tersebut, Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Asep Irfan Mujahid, Ketua Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Velandani Prakoso, dan Ketua Umum Pelajar Islam Indonesia (PII) Husin Tasrik Makrup akan membacakan deklarasi pelajar Indonesia. Hal ini dilakukan guna menguatkan komitmen persatuan dan kesatuan pelajar Indonesia sebagai subjek pembangunan.

Lebih lanjut, Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meneguhkan komitmen pemuda pelajar Indonesia untuk berpartisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, kegiatan ini juga guna meneguhkan komitmen untuk meningkatkan pendidikan yang berkeadaban, mencegah terjadinya kekerasan dan eksploitasi di dunia pendidikan, menanggulangi bahaya narkoba, terorisme, dan kenakalan remaja, serta ujaran kebencian dan penyebaran hoaks di dunia siber.

Pemuda pelajar Indonesia juga berkomitmen meneguhkan persatuan dan mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan. Di samping itu, mereka juga berkomitmen untuk menjadikan agama sebagai kaidah penuntun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selepas apel, para peserta akan mengikuti talk show milenial penguatan generasi muda dan cinta tanah air. Mereka juga akan mengikuti kegiatan olahraga dan beberapa permainan edukasi untuk menjalin keakraban dan kekompakan.

Rabu malam, para peserta akan diberikan panggung untuk mengekspresikan keseniannya pada kegiatan Malam Mimbar Pelajar. Selain untuk seni, mimbar juga dibuka bagi pelajar yang ingin menyampaikan orasi pendidikan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 2-3 Mei 2018. Kegiatan diisi dengan Apel Kebangsaan, Kemah Pendidikan, lomba vlog konten-konten positif, seminar kebangsaan, latihan bela negara, lomba menulis surat ke Presiden, olahraga, serta apresiasi seni dan budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com