Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surakarta Tuan Rumah LIMA Badminton

Kompas.com - 22/04/2018, 15:34 WIB
Tjahjo Sasongko

Editor

JAKARTA, Kompas.com - Bertempat di GOR Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), LIMA Badminton fase conference di subconference Surakarta akan berlangsung  selama tujuh hari, 22-28 April 2018.

Melanjutkan kompetisi lima kota terdahulu, kali ini Liga Mahasiswa (LIMA) Badminton Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference (CJYC) – Surakarta Subconference 2018 resmi dimulai.   Kota ini meneruskan pertandingan regional yang sudah lebih dahulu dilaksanakan di kotaJakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan Yogyakarta.

Diwarnai hujan deras, tak menyurutkan semangat para peserta menghadiri upacara pembukaan pada Minggu (22/4/2018) ini. Hujan lebat di hari Minggu ini tak menyurutkan semangat para peserta, wasit, dan juga tamu undangan untuk memenuhi GOR UNS dalam prosesi ini.

Hadir sebagai perwakilan tuan rumah, Rohman Agus Pratomo, Ketua Biro Kemahasiswaan dan Alumni UNS. Rohman Agus menyambut dengan baik seluruh peserta di UNS ini dalam LIMA Badminton Season 6 ini.

“Kami, dari UNS, selalu mendukung kegiatan olahraga, khususnya badminton. Semoga apa yang kami lakukan bisa menjadi yang terbaik di LIMA season ini. Selain untuk olahraga, ini menjadi ajang silaturahmi antara UNS dan LIMA dan seluruh peserta untuk selalu mendukung dalam hal olahraga,” kata Rohman dalam sambutannya.

Selain itu, turut hadir Ketua Umum PBSI Pengprov Jawa Tengah, Andi Kridasusila S.E., M.M sebagai tamu undangan dalam upacara pembukaan ini. Andi sangat mendukung pergelaran yang diselenggarakan oleh LIMA.

“Terkait pembinaan dan pengembangan olahraga bulu tangkis, kami mengucapkan terima kasih kepada LIMA karena sudah berkomitmen untuk merancang program agar mahasiswa mempunyai ekstrakurikuler, khususnya di cabang olahraga badminton. Saya sangat mengharapkan event seperti ini dapat menorehkan prestasi mahasiswa (atlet badminton). Paling tidak, perguruan tinggi dapat menjadi salah satu elemen masyarakat yang bisa memberikan kemampuan softskills dari event ini,” ungkap Andi.

Lima tim putra yang memastikan keikutsertaannya itu ialah Universitas Semarang (USM), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Lima tim putra yang memastikan keikutsertaannya itu ialah Universitas Semarang (USM), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Pada gelaran zona ini, sebanyak lima tim putra dan tiga tim putri serta 39 student athlete kategori perseorangan ikut berpartisipasi.

Pertandingan nomor  beregu untuk tim putra maupun tim putri akan dihelat pada 22-26 April 2018. Sementara itu, kategori perseorangan akan digelar pada 27-28 April 2018.

Lima tim putra yang memastikan keikutsertaannya itu ialah Universitas Semarang (USM), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Sementara itu, tiga tim putri yang akan bertanding di ajang badminton antarmahasiswa ini yaitu UNS, USM dan Unnes.

Surakarta merupakan kota terakhir dalam fase conference. Setelah ini, tim-tim terbaik dari semua conference akan beradu gengsi dalam LIMA Badminton Nationals. GOR UNS masih akan menjadi tuan rumah dalam fase nasional. LIMA Badminton Nationals akan digelar 1-8 Mei 2018 mendatang.

Daerah ini juga mengirim wakil di kategori perseorangan. Sebanyak 15 wakil tunggal putra,  9 wakil tunggal putri dan 15 pasang ganda campuran akan bertanding di GOR UNS.

Seluruh peserta, baik beregu putra maupun beregu putri, sudah pernah menjadi peserta pada musim sebelumnya. Sehingga, nilai koefisien telah dikantungi oleh seluruh tim. Pembagian pul didasarkan atas nilai koefisien perguruan tinggi.

 Selain menjadi tuan rumah untuk LIMA Badminton: Kaskus CJYC – Surakarta Subconference 2018, GOR UNS juga akan menjadi saksi perhelatan LIMA Badminton Nationals 2018. Nantinya, perwakilan-perwakilan dari kategori beregu dan perseorangan dari masing-masing conference akan bertanding di fase nasional ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com