Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disengat Lebah, Tangan Atlet Renang Membengkak

Kompas.com - 30/03/2018, 16:14 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

BRISBANE, Kompas.com - Persiapan atlet renang andalan Australia, Mack Horton ke Commonwealth Games terganggu setelah tangannya disengat lebah saat berlatih.

Horton, 21, merupakan peraih medali emas 400 meter gaya  bebas pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu. Akibat sengatan lebah tersebut, lengan  atlet yang mendapat julukan, "Mack si Pisau," ini membengkak seperti lengan  tokoh animasi, Popeye si Pelaut.

Meski begitu, pelatih tim Australia, Jacco Verhaeren tak khawatir dengan persiapan atletnya. Ia meyakinkan atletnya akan siap saat Commonwealth Games yang diadakan di Gold Coast dimulai pekan depan.

"(Bengkaknya) semakin mengecil. Ini pertanda baik," kata Verhaeren.  "Namun memang mengkhawatirkan. Hari pertama  rasanya sangat sakit dan mengganggu persiapan latihannya di kolam. Tetapi (Horton) seorang yang tangguh," kata Verhaeren.

Horton juga meraih medali emas 4cx200 meter dan 1500 meter gaya bebas pada Commonwealth Games 2014 lalu di Glasgow. Karena itulah ia merupakan harpan utama tuan rumah untuk mendapat medali daeri kolam renang.

Mack Horton Mack Horton


Ia tiba di Brisbane  dengan mengenakan plester pada lengan kanannya akibat gigitan serangga tersebut. "Tangan saya membengkak," kata Horton saat tiba. "Saya bahkan mati rasa pada bagian siku saya," kata Horton. "Saya meletakkan tangan saya di pinggiran kolam dan tiba-tiba saya disengat."

"Karena saat itu saya tidak mengenakan kacamata, saya saat itu kebingungan dan berusaha mencari tahu apa yang terjadi," kata Horton lagi.

Menurut pelatih Verhaeren, ini bukan kali pertama Horton disengat lebah. "Ia juga pernah disengat di Perth," kata Verhaeren. "Memang merugikan, apalagi dia rentan alergi dan terpengaruh dengan sengatan tersebut."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com