Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tarung Ulang, Alvarez Tersandung Doping

Kompas.com - 06/03/2018, 10:54 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

LOS ANGELES, Kompas.com - Petinju kelas menengah Meksiko, Saul "Canelo" Alvarez dinyatakan positif mengonsumsi zat terlarang jenis clenbuterol, saat mempersiapkan diri jelang tarung ulang menghadapi Gennady Golovkin pada 5 Mei mendatang.

Dalam pemeriksaan mandiri yang dilakukan, Alvarez terbukti mengandung zat terlarang tersebut dalam darahnya. Menurut Golden Boy Promotions, kadar kandungan clenbuterol dalam tubuh Alvarez sama dengan kandungan yang didapat pada para atlet Neksiko akibat kasus keracunan daging beberapa tahun ini.

"Jumlah kandungan serupa dengan yang kami duga didapat dalam kasus keracunan daging," pihak Golden Boy mengutip pernyataan Daniel Eichner dari SMRTL, laboriatorium yang mendapat akreditasi dari WADA, lembaga anti doping dunia.

Golden Boy yang diketuai oleh lengenda tinju, Oscar De la Hoya,  mengaku telah memberitahu pihak Komisi Atletik Negara Bagian Nevada dan promotor Golovkin, Tom Loeffler. "Kami menunggu keputusan dari komisi atletik Nevada."

"Begitu tes kita dinyatakan positif, situasi pasti buruk.  Tetapi kita harus menunggu untuk mengetahui informasi. Sekarang ini, tak ada yang berubah. Gennady tetap berlatih dan berharap pertarungan tetap terwujud. Namun kami menyerahkan semuanya kepada komisi."

Pertarungan pertama Golovkin dan Alvarez pada 16 September lalu berakhir seri secara kontroversial. Namun hasil satu hakim, Adalaide Byrd yang memberi angka 118-110 buat Alvarez dianggap meragukan.

"Gannady sangat menginginkan pertarungan ini," kata Loeffler. "Ia telah meminta kepada Canelo (Alvarez) untuk pertarungan pertama dan juga untuk pertarungan kedua setelah terjadinya keputusan kontroversial yang merugikan dirinya."

Pihak Golden Boy menyebut Alvarez telah berencana memindahkan pusat latihan  dari Meksiko ke Amerika Serikat. Petinju Meksiko ini mengaku kaget dengan hasil pemeriksaan doping.  "Saya akan memberikan senua hasil pemeriksaan  yang berkaitan dengan diri saya untuk menjelaskan situasi yang memalukan ini dan saya yakin hasilnya akan berbeda."

Kaus daging terkontaminasi di Meksiko disebut menjadi penyebab beberapa atlet Meksiko dinyatakan positif mengonsumsi clenbuterol. Badan anti doping dunia (WAD) memperingatkan para atket yang mengikuti Pan American Games 2011 di Guadalajara agar berhati-hati dalam mengonsumsi daging selama berlangsungnya kejuaraan.

Badan sepakbola dunia (FIFA) juga menyebut sebanyak 109 atlet sepakbola yang mengikuti Piala Dunia U-17 di Meksiko pada tahun yang sama juga dinyatakan positif mengonsumsi clebuterol. Pada saat yang sama 5 anggota timnas sepakbola Meksiko juga dinyatakan positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com