Resep Firman Abdul Kholik Tentukan Kemenangan Tim Putra Indonesia - Kompas.com

Resep Firman Abdul Kholik Tentukan Kemenangan Tim Putra Indonesia

Kompas.com - 11/02/2018, 07:17 WIB


Pebulu tangkis tunggal putra nasional, Firman Abdul Kholik, saat bertanding melawan wakil tuan rumah, Suppanyu Avihingsanon, pada laga babak kesatu turnamen Thailand Masters di Nimibutur Stadium, Bangkok, Selasa (7/2/2017). Firman menang rubber game, 21-13, 19-21, 23-21.Dok. Badminton Indonesia Pebulu tangkis tunggal putra nasional, Firman Abdul Kholik, saat bertanding melawan wakil tuan rumah, Suppanyu Avihingsanon, pada laga babak kesatu turnamen Thailand Masters di Nimibutur Stadium, Bangkok, Selasa (7/2/2017). Firman menang rubber game, 21-13, 19-21, 23-21.

KEDAH, KOMPAS.com -  Firman Abdul Kholik menjadi idola baru penggemar bulu tangkis Indonesia. Dia menjadi penentu kemenangan tim putra Indonesia pada semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2018, Sabtu (10/2/2018).

Kendati demikian, Firman Abdul Kholik sempat membuat publik Indonesia deg-degan. Dia berhasil bangkit dari ketertinggalan 14-20 atas Lee Dong-keun (Korea Selatan) pada gim ketiga.

Firman Abdul Kholik bahkan sukses mencetak delapan poin beruntun dan berbalik menang pada laga yang digelar di Stadium Sultan Abdul Halim, Kedah, Malaysia.

Kemenangan Fiman atas Lee lewat rubber game dengan skor 22-20, 11-21, 22-20, dalam waktu 1 jam 24 menit membuat Indonesia unggul 3-2 atas Korea Selatan dan berhak melaju ke partai final.

"Alhamdulillah pastinya senang sekali bisa menyumbang angka untuk tim. Tadi saya enggak mikir lawan sudah 20 poin dan saya 14," kata Firman dikutip BolaSport.com dari Badminton Indonesia.

(Baca Juga: VIDEO - Detik-detik Kemenangan Dramatis Firman Abdul Kholik yang Membawa Indonesia ke Final Kejuaraan Beregu Asia 2018)

"Pokoknya saya mikir bagaimana dapatkan satu demi satu poin dan usaha banget untuk fokus,” katanya melanjutkan.

Firman yang turun sebagai tunggal putra ke-3 Indonesia sendiri sebenarnya sempat tampil meyakinkan saat unggul 13-7 atas lawannya.

Akan tetapi peruntungannya seakan berhenti di poin tersebut karena lawan berhasil membalikkan keadaan hingga merebut match point.

Ajaib, Firman Abdul Kholik dengan tenang berhasil merebut satu persatu poin dari lawannya hingga membalikkan keadaan menjadi 21-20.

Fault yang dilakukan Lee pada akhir pertandingan memastikan kemenangan tim Indonesia untuk bertemu dengan China yang pada pada babak semifinal menyingkirkan Korea Selatan.

"Saya juga tidak merasa terbebani karena saya termotivasi, di belakang saya banyak senior-senior saya yang selalu ngasih tahu soal cara main dan sebagainya," ujar Firman.

"Tadi juga enggak terlalu tegang, lebih enjoy karena yakin sama diri saya sendiri,” sebut Firman.

Laga final Kejuaraan Beregu Asia 2018 antara Indonesia vs China akan digelar pada Minggu (11/2/2018) pada pukul 17.00 WIB. (Ardhianto Wahyu) 


 

Komentar
Close Ads X