Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Open, Ahsan/Hendra Ciptakan Perang Saudara pada Semifinal

Kompas.com - 02/02/2018, 19:35 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Pasangan ganda putra senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, melangkah ke semifinal turnamen India Open 2018. Juara dunia 2013 dan 2015 ini lolos setelah menang straight game 21-10, 21-19 atas wakil China, Chai Biao/Wang Zekang, dalam duel di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi, India, Jumat (2/2/2018).

Alhasil, perang saudara tak terhindarkan pada babak semifinal, Sabtu (3/2). Ahsan/Hendra akan menghadapi unggulan utama yang juga juara bertahan, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Ganda putra terbaik Indonesia yang mengincar hat-trick ini lebih dulu meraih tiket semifinal setelah menang 21-19, 21-19 atas Manu Attri/Reddy B Sumeeth (India).

Di satu sisi, perang saudara ini pun memastikan Indonesia memiliki satu wakil pada partai puncak yang akan berlangsung Minggu (4/2). Pemenang duel Ahsan/Hendra dan Marcus/Kevin akan menghadapi pemenang antara unggulan keempat Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) dengan Han Chengkai/Zhou Haodong (China).

Dengan demikian, ada empat wakil Indonesia yang menapaki semifinal. Sebelumnya, selain Marcus/Kevin, sudah ada ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Greysia/Apriyani, yang merupakan unggulan ketiga, meraih tiket semifinal setelah menang 21-16, 21-9 dalam perang saudara melawan unggulan kelima, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta. Sementara itu, Praveen/Melati menyingkirkan wakil Rusia, Evgenij Dremin/Evgenia Dimova, dengan 21-17, 21-12.

Satu-satunya wakil Indonesia yang gagal dalam laga perempat final ini adalah ganda putra Angga Pratama/Rian Agung Saputro. Unggulan ketujuh tersebut tak mampu menghentikan kejutan wakil China, Han Chengkai/Zhou Haodong, yang kemarin mengalahkan unggulan kedua dari Denmark yang merupakan musuh bebuyutan Marcus/Kevin, Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com