Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sadam Ali Akhiri Karir Cotto

Kompas.com - 03/12/2017, 14:32 WIB

NEW YORK, Kompas.com - Legenda tinju Puerto Riko, Miguel Cotto (4-16, 33 KO) mengakhiri karirnya di atas ring setelah mengalami kekalahan  menghadapi Sadam Ali (27-1, 14 KO0 di Madison Square garden, New York, Sabtu (Minggu WIB).

Dalam pertarungan perebutan gelar juara dunia tinju kelas menengah junior WBO ini, Ali dinyatakan menang angka mutlak setelah tiga hakim memberi nilai 115-113, 116-112, 115-113.

Cotto merupakan juara dunia empat kelas sepanjang karir tinjunya. Memulai karir pro pada 2001, Cotto pernah menghadapi nama-nama besar seperti Manny Pacquiao, Floyd Mayweather Jr mau pun Saul Canelo Alvarez.

Telah berusia 37, Cotto menganggap sudah waktunya dirinya gantung sarung tinju untuk berkonsentrasi sebagai promotor. "Ini adalah pertarungan saya yang terakhir," kata Cotto sebelum pertarungan.  "Saya sorang yang selalu bekerja keras dan berdedikasi sepenuh hati. Karena itulah, saya ingin mengakhiri karir saya dengan cara (bertarung)."

Cotto menguasai tiga ronde awal dalam pertarungan. Namun Ali mampu membalik keadaan pada ronde 4. Ia mampu menghujani Cotto dengan pukulan keras. Di ronde 6, sebuah pukulan keras Cotto mampu membuat lawannya tersender di tali ring.

Setelah ronde 8, kedua petinju tampak kelelahan. Namun Ali masih mampu mendominasi Cotto pada ronde 10 lewat pukulan satu-dua ke bagian tubuh lawannya.

Sadam Ali merupakan petinju AS dengan orang tua merupakan imigran asal Yaman.  Kelahiran Brooklyn, New York City pada 26 September 1988, ia pernah memperkuat tim Olimpiade AS di Beijing pada 2008. Namun Sadam kalah pada pertandingan pertama menghadapi petinju Rumania. Setelah Olimpiade, ia beralih ke tinju profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com