Atlet Anggar Jadi Inspirasi Boneka "Barbie Berhijab" - Kompas.com

Atlet Anggar Jadi Inspirasi Boneka "Barbie Berhijab"

Kompas.com - 14/11/2017, 21:52 WIB
Ibtihaj Muhammad membuat sejarah sebagai atlet AS berhijab pertama yang tampil di Olimpiade Ibtihaj Muhammad membuat sejarah sebagai atlet AS berhijab pertama yang tampil di Olimpiade

LONDON, Kompas.com - Perusahaan boneka ternama Barbie menerbitkan produk seri boneka berhijab, untuk menghormati Ibtihaj Muhammad, atlet anggar berhijab pertama yang tampil di Olimpiade Rio de Janeiro tahun lalu.

Ibtihaj membuat sejarah sebegai atlet AS berhijab pertama yang tampil di Olimpiade. Sebelumnya, ia telah merebut medali emas pada kejuaraan dunia yang berlangsung di Rusia pada 2014.

"Saya gembira membayangkan banyak gadis kecil di seluruh dunia yang kini dapat bermain  dengan boneka Barbie yang mengenakan hijab. ini seperti impian masa kecil yang terwujud," kata Ibtihaj melalui akun twitter-nya, Senin (13/11/2017).

Beberapa tahun belakangan, pengenaan hijab semakin populer dalam bisnis fesyen di Eropa dan Amerika.

Produk Barbie berhijab yang diproduksi Mattel, menjadi bagian dari kampanye Barbie tentang wanita yang berani melampaui batas-batas untuk memberi inspirasi kepada generasi perempuan masa depan. Produk ini akan mulai dijual pada 2018.

"Ibtihaj merupakan sosok yangh dianggap mewakili mereka yang selama ini tak pernah merasa terwakili," kata  Sejal Shah Miller dari bagaian penjualan Barbie. "Dengan menghornmati ceritanya, kami berharap produk ini akan mengingatkan (para gadis) bahwa mereka dapat menjadi dan melakukan apa pun yang mereka inginakn."

Sepanjang sejarah, beberapa produk boneka memang diterbitkan untuk memberi inspirasi kepada para perempuan penggemar di dunia.  Boneka itu antara lain Balerina kulit hitam, Misty Copeland.

Pada November, produsen permainan  Denmark, Lego, mengeluarkan model yang mewakili lima profesi yaitu ilmuwan, insinyur dan astronot yang bekerja di lembaga luar angkasa AS (NASA).  Ini untuk menginspirasi gadis muda seluruh dunia untuk mengembangkan karir di bidang ilmu pengetahuan.

EditorTjahjo Sasongko
SumberReuters
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM