Nadal Amankan Posisi Nomor 1 Dunia pada Akhir Tahun - Kompas.com

Nadal Amankan Posisi Nomor 1 Dunia pada Akhir Tahun

Kompas.com - 02/11/2017, 07:33 WIB
Rafael Nadal Rafael Nadal

PARIS, KOMPAS.com - Rafael Nadal mengamankan posisinya sebagai pemain nomor satu dunia pada akhir tahun 2017. Kepastian ini diperoleh setelah Nadal menang 7-5, 6-3 atas pemain Korea Selatan, Hyeon Chung, pada babak kedua Paris Masters, Rabu (1/11/2017) atau Kamis dini hari WIB.

Nadal hanya cukup memenuhi syarat memenangi laga perdana di turnamen ini untuk menyegel posisinya tersebut. Ternyata Nadal, yang mendapat bye pada babak pertama, bisa mewujudkan hal tersebut sehingga pemain kidal asal Spanyol ini tak bisa digeser dari puncak ATP hingga akhir tahun nanti.

Baca Juga: Nadal Tuntut Mantan Menteri Olahraga Perancis Rp 1,59 Miliar

Catatan ini membuat Nadal menorehkan rekor sebagai petenis tertua yang pernah mengakhiri sebuah musim dengan menjadi pemain nomor satu dunia. Saat ini, peraih 16 gelar grand slam tersebut berusia 31 tahun.

Tak cuma itu, Nadal juga untuk kali keempat mencatat prestasi serupa. Sebelumnya, petenis yang memulai tahun 2017 sebagai pemain nomor sembilan dunia tersebut, pernah melakukannya pada tahun 2008, 2010 dan 2013.

"Tentu saja ini bukan tujuan (pada awal musim). Mustahil bagiku memikirkan tentang hal ini ketika anda kembali dari periode yang sulit tanpa bermain tenis dan dihadapkan pada banyak cedera selama beberapa tahun terakhir," ujar Nadal dalam jumpa pers.

Baca Juga: Nadal Sesalkan Situasi Rusuh di Barcelona

"Namun ya, saya sampai di sini dan tentu saja sangat bahagia. Memiliki banyak arti? Tidak, karena hampir 10 tahun sejak pertama kali meraihnya, saya mengakhiri sebuah musim dengan nomor ini," tambah Nadal, yang selanjutnya akan menghadapi Pablo Cuevas pada babak 16 besar, setelah petenis non-unggulan itu menyingkirkan pemain Uruguay, Albert Ramos-Vinolas, dengan 6-7 (5/7), 7-6 (7/1), 6-2.

Keberhasilan Nadal menyegel posisi ini juga tak lepas dari keputusan Roger Federer mundur dari ajang Paris Masters. Petenis nomor dua dunia ini tak mau ambil bagian karena membutuhkan waktu untuk istirahat usai meraih gelar di Basel pada akhir pekan lalu.

Andai pemain 36 tahun peraih 19 gelar grand slam ini tampil dan menjadi juara Paris Masters, maka dia yang berpeluang besar mengakhiri tahun 2017 sebagai pemain nomor satu dunia.

EditorAloysius Gonsaga AE
SumberAFP
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM